Banyumas (Antaranews Jateng) - Petani di Desa Tinggarjaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah siap menanam kedelai pada musim tanam ketiga tahun 2017/2018, kata Ketua Gabungan Kelompok Tani "Sri Jaya" Sartam.

"Setelah panen kali ini selesai, sawahnya akan diolah kembali untuk persiapan musim tanam kedua yang diharapkan bisa panen pada bulan Mei," katanya, di Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Senin.

Selanjutnya, kata dia LAGI, akan dilaksanakan musim tanam ketiga yang direncanakan untuk penanaman palawija.

Menurutnya, pada lahan sawah seluas 350 hektare Desa Tinggarjaya yang digarap tiga kelompok tani itu, akan ditanami kedelai bantuan dari pemerintah.

"Mudah-mudahan petani Desa Tinggarjaya ke depan akan makmur," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Widarso mengimbau petani yang telah selesai panen untuk segera menanam padi kembali.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan karena saat sekarang masih musim hujan, sehingga ketersediaan air mencukupi kebutuhan pertanaman yang ada.

"Sekarang tanam padi dulu, setelah ini tanam palawija khususnya kedelai," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan saat menanam palawija juga harus cepat dan paling lambat bulan Juli sudah selesai tanam.

Pihaknya sudah mulai melakukan pendataan lahan yang akan digunakan untuk mendukung program pemerintah berupa penanaman palawija tersebut.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024