Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah termasuk di Purbalingga dan Banjarnegara.

"Sebagian wilayah di Jawa Tengah berpotensi hujan lebat hingga beberapa jam ke depan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Rabu.

Dia menyebutkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Surakarta, Klaten dan Sukoharjo.

Selain itu, Purbalingga, Banjarnegara, Pekalongan dan sekitarnya. Selain itu, berpotensi meluas ke wilayah Boyolali, Sragen, Karanganyar, Kabupaten Semarang bagian Selatan dan sekitarnya.

"Selain itu, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang juga terdapat di wilayah antara Solo Raya bagian Utara dengan Grobogan-Blora bagian Selatan dan sebagian Pegunungan Tengah," katanya.

Terkait kondisi cuaca di Banjarnegara, kata dia, juga diprakirakan hujan hingga malam hari.

"Khusus Banjarnegara, diprakirakan hujan hingga malam hari," katanya.

Dia mengatakan BMKG akan terus melakukan pemuktahiran terkait kondisi cuaca terkini.

"BMKG akan terus menginformasikan kondisi terkini, khususnya terkait dengan fenomena gerhana bulan total," katanya.

Sementara itu, BMKG menyatakan pada Rabu, 31 Januari 2018 akan terjadi fenomena "Supermoon" yang bertepatan dengan gerhana bulan total, di mana posisi matahari, bumi dan bulan berada pada satu garis lurus, yang dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024