Solo (Antaranews Jateng) - Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Jawa Tengah, berharap pemerintah segera mencanangkan hari bersepeda nasional untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap olahraga tersebut.

"Dari survei yang kami lakukan, per 10.000 jiwa penduduk di Kota Solo, tidak ada 10 persennya yang aktif bersepeda," kata perwakilan dari Dispora Kota Surakarta Andi Sukmawan di rapat koordinasi event "City Bike" yang diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura Logistik Jogja-Solo di Fave Hotel Solo, Kamis.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik adanya penyelenggaraan "City Bike" di Kota Solo karena sekaligus bertujuan memasyaratkan kebiasaan bersepeda di kalangan masyarakat.

"Bahkan, `event` ini akan kami bawa menjadi usulan ke rencana pencanangan hari bersepeda nasional. Bahwa di Solo ada `event` bersepeda yang didukung oleh semua lini," katanya.

Dengan upaya tersebut, diharapkan pencanangan hari bersepeda bisa segera terealisasi mengingat Solo memiliki kontur tanah yang datar sehingga memudahkan masyarakat yang ingin beraktivitas dengan bersepeda.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang PT Angkasa Pura Logistik Yogyakarta dan Surakarta Priyo Jatmiko mengatakan "City Bike" dipilih karena pihaknya ingin memasyarakatkan olahraga bersepeda di Soloraya.?

"Karena gowes adalah olahraga yang menyenangkan dan mudah dilakukan siapa saja," katanya.

Menurut dia, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari ulang tahun Angkasa Pura Logistik pada tanggal 6 Januari lalu.

Ia mengatakan bahwa kegiatan yang ditargetkan dapat diikuti oleh sekitar 3.500 peserta tersebut rencananya akan dihadiri oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024