Solo, (Antaranews Jateng) - Ribuan orang memadati Jalan Kapten Mulyadi Solo untuk mengikuti acara Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang diselenggarakan di Masjid Ar Riyadh, Solo.

Pantauan di lapangan di Solo, Senin, acara tahunan tersebut tidak hanya didatangi oleh warga Solo dan sekitarnya tetapi juga dari Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jakarta.

Salah satu peserta acara, Muhammad Basyiron, mengaku setiap tahun selalu datang untuk mengikuti haul tersebut.

"Ini sudah tahun ketiga saya aktif mengikuti acara ini, harapannya di tahun-tahun selanjutnya bisa ikut terus," katanya.

Pengajar Pondok Kyai Mustofa, Pasuruan, Jawa Timur itu, mengaku datang bersama tiga teman yang lain dengan menaiki kendaraan pribadi. Kegiatan tersebut juga ia manfaatkan untuk bertemu dan berkenalan dengan masyarakat dari daerah lain.

"Orang yang datang ke sini tujuannya sama, ingin beribadah dan bersama-sama mendoakan Habib Ali," katanya.

Peserta lain, Listyana, mengaku bersemangat mengikuti acara tersebut.

Meski cuaca panas, warga Sragen itu mengaku puas bisa datang langsung ke acara tersebut.

"Niat saya sudah sejak lama, ingin dapat ilmu," katanya.

Sebelumnya, acara Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang dipimpin oleh Habib Syech diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada 7-9 Januari 2018.

Dalam tausiahnya, Habib Syech memohon ampunan Allah SWT untuk seluruh umat Islam.

"Jadikanlah kami pribadi yang lebih baik. Jauhkanlah anak-anak kami dari minuman keras dan perempuan menjaga dirinya dengan berhijab. Dan kematian kami agar bisa menyebut kata `Lailahailallah`," katanya.

Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024