Semarang, ANTARA JATENG - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menyiapkan 18 SPBU Kantong untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan permintaan BBM.

"Pertamina memberikan perhatian khusus pada titik konsentrasi jalur wisata dan jalur mudik. Sebanyak 18 SPBU kantong yang tersebar di Jateng dan DIY telah disiagakan," kata Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR MOR IV Pertamina, di Semarang, Rabu.

Andar menjelaskan bahwa SPBU kantong tersebut bersifat seperti mobile storage yang berfungsi memperpendek jarak suply dengan standby di SPBU untuk cepat memasok BBM ke SPBU.

Sebanyak 18 SPBU kantong tersebut berada di Jalan Raya Mangkang Kota Semarang; Jalan Raya Semarang-Kendal, Ngalian Kota Semarang; Jalan Raya Subah Kabupaten Batang; Jalan Raya Weleri-Kendal Kabupaten Kendal; Jalan Gajahmada Juwono Kabupaten Rembang; Jalan Kol. Sugiyono Kabupaten Jepara; Jalan Raya Damyak Kabupaten Tegal; Jalan Raya Margasari Kabupaten Tegal.

Kemudian Jalan KH.Bahrun Kabupaten Banyumas; Jalan Diponegoro Kabupaten Purworejo; Mertoyudan Kabupaten Magelang; Jatisrono Kabupaten Wonogiri; Jalan Raya Ds. Watuagung Kabupaten Wonogiri; Toyogo-Sambung Macan Kabupaten Sragen; Jalan Raya Ampel-Boyolali Kabupaten Boyolali; Bondasari-Wiradesa Kabupaten Pekalongan; Jalan Parangtritis Kabupaten Bantul; dan Jalan Raya Wonosari-Yogyakarta Kabupaten Gunung Kidul.

Andar menambahkan untuk jalur mudik dan jalur wisata yang rentan mengalami kepadatan juga telah disiapkan kios BBK di rest area km 252 Kabupaten Brebes dan pada Jalur Selatan Jalan Daendles III Kabupaten Purworejo.

Pertamina juga menyiapkan lima titik SPBU Motorist yang beroperasi sebelum-sesudah Natal dan tahun baru di Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan Kota Pekalongan.

"SPBU Motorist akan beroperasi jika terlihat adanya kemacetan panjang, sehingga sifatnya bukan delivery order," jelas Andar.

Diperkirakan jelang Natal dan tahun baru, kebutuhan BBM akan mengalami peningkatan antara lain Premium dengan kenaikan sebesar 10 persen, Pertalite 11 persen, Pertamax 11 persen, Pertamina Turbo 15 persen, Dexlite 18 persen, Pertamina Dex 31 persen, Avtur 8 persen dan elpiji 6.8 persen.
 
Sementara Solar turun 1 persen, karena adanya pembatasan operasional angkutan barang pada H-3 hingga H+3 dan penurunan kegiatan angkutan industri.

"Kami mengimbau bagi masyarakat sebelum berangkat berwisata dan mudik agar mengisi penuh tangki BBM kendaraannya dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Pertamina GO atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 1-500 000," katanya

Pertamina, tambah Andar Titi Lestari, telah menyiapkan Satgas Natal dan Tahun Baru 2018 yang dimulai pada 18 Desember hingga 7 Januari 2017.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor :
Copyright © ANTARA 2024