Kudus, ANTARA JATENG - Komunitas ikan hias dari lima kabupaten di wilayah Keresidenan Pati, Jawa Tengah, menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Bupati Kudus Musthofa sebagai bakal calon gubernur Jateng pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jateng 2018, Minggu.

Deklarasi dukungan terhadap bupati Kudus untuk maju pada Pemilihan Gubernur Jateng tersebut, dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Kudus usai sarasehan perkoian Nasional, Minggu (10/12).

Menurut Ashief Maftuch, Ketua Muria (Kudus, Pati, Jepara, Rembang dan Blora) Koi Club (MKC) di Kudus, Minggu, Bupati Kudus Musthofa memang perlu didukung untuk pencalonannya sebagai bakal calon Gubernur Jateng, mengingat kebijakannya selama ini, khususnya terhadap pengembangan ikan hias cukup bagus.

Di antaranya, terkait pemanfaatan Balai Benbih Ikan (BBI) Margorejo sebagai pusat perbenihan dan "showroom" ikan hias serta fasilitas kawasan pendopo sebagai lokasi bazar ikan hias dan pembinaan lainnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Kudus juga memfasilitasi studi banding ke Temanggung.

Bahkan, lanjut dia, komunitas ikan koi di Temanggung justru iri dengan Kudus, karena mendapatkan dukungan pemerintah daerahnya cukup besar.

Ia mengatakan, MKC merupakan lembaga resmi dengan struktur nasional di bawah Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI).

"MKC ini membawahi seluruh komunitas jenis ikan hias seperti Guppy, Louhan, Cupang, Koi, Koki, Aquascape, Hidroponik, Predator dan Platy," ujarnya.

Menurut Ashief, seluruh ketua komunitas ikan hias di Kabupaten Kudus mengakui bahwa selama ini mereka kesulitan untuk menembus birokrasi guna menggelar bazar di dekat pendopo.

Hanya saja, kata dia, pada bulan ini akhirnya untuk pertama kalinya bisa melakukan kegiatan di kawasan pendopo Pemkab Kudus.

Sebelumnya, kata dia, komunitas ikan hias juga difasilitasi mengikuti pameran Kudus Expo yang digelar September 2017.

"Ketika nantinya dipercaya sebagai gubernur jateng, kami harapkan seluruh komunitas ikan hias bisa mendapatkan perhatian," ujarnya. Selain itu, kata dia, kiblat ikan hias yang selama ini ada di Jawa Timur bisa bergeser ke Jawa Tengah.

Dukungan terhadap Musthofa juga datang dari nelayan Kabupaten Rembang yang tergabung dalam kelompok nelayan bersama (KNB) Sejati, kemudian Forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Tengah menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Bupati Kudus Musthofa di Pemilihan Gubernur Jateng.

Pewarta : A Nazaruddin L
Editor :
Copyright © ANTARA 2024