Manchester, ANTARA JATENG - Fabian Delph dan Ashley Young memang bukan sosok yang masuk daftar pemain kunci bagi dua klub asal Manchester, namun pentingnya peran kedua pemain yang menjaga sektor sayap itu akan terlihat pada derby Manchester, Minggu malam ini.

Delph sebenarnya adalah gelandang, namun di bawah arahan Pep Guardiola ia memainkan peran baru sebagai bek sayap kiri guna mengisi posisi yang ditinggalkan Benjamin Mendy yang cedera ligamen lutut sejak September.

Sedangkan Young, bertransformasi dari penyerang sayap menjadi bek sayap dan telah menunjukkan penampilan yang impresif di sektor kiri United. Penampilan mengesankan bekas sayap Aston Villa itu membuatnya kembali mendapatkan panggilan Timnas Inggris kendati telah absen selama empat tahun.

Dengan kecepatan yang dimiliki Antonio Valencia di sayap kanan, United memiliki potensi serangan balik mematikan dari sektor sayap apalagi diperkuat dengan hadirnya Anthony Martial yang bisa bermain melebar ke sisi lapangan.

City juga memiliki skema formasi yang serupa. Hadirnya Kyle Walker di sebelah kanan tentunya akan menunjang pergerakan lincah Raheem Sterling. Sedangkan Delph akan menyokong aksi Leroy Sane di sisi yang berlawanan.

Guardiola kerap memanfaatkan para bek sayap untuk ikut menyerang. Namun langkah itu perlu diwaspadai karena United bisa saja memanfaatkan kekosongan di sektor sayap City untuk melancarkan serangan balik.

"Anda harus mempertahankan daerah ini, pastinya. Dengan fullback, gelandang serang atau gelandang bertahan atau sayap. Anda harus menutup wilayah itu," kata Guardiola terkait potensi serangan dari sektor sayap, dilansir Reuters.

"Tim Jose Mourinho, Chelsea, Real Madrid dan yang sekarang (MU), merupakan ahlinya dalam hal itu. Bila Anda kehilangan bola, mereka segera menyerang balik bersama Lukaku atau membuat gerakan dari belakang bek sayap kami melalui Rashford atau Lingard," katanya.

Di sisi lain, Guardiola menyatakan tidak siap untuk memaksakan Kyle Walker tampil lebih menyerang dari sayap kanan.

"Tergantung pemain dan jika Anda memiliki energi dari Kyle Walker, Anda harus menyerang," kata Guardiola.

Pewarta : Alviansyah Pasaribu
Editor :
Copyright © ANTARA 2024