Grobogan, ANTARA JATENG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Ekowisata Ujung Kendeng yang berada di Desa Jenengan, Kecamatan Klaten, Kabupaten Grobogan, digarap secara serius sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

"Penanaman dilakukan terus agar tanaman bisa bervariasi sehingga menarik minat wisatawan dan saya berharap pengelolaan ekowisata ini bisa membawa kesejahteraan masyarakat sekitar," katanya saat mengunjungi Ekowisata Ujung Kendeng di Kabupaten Grobogan, Rabu.

Ganjar menjelaskan jika sektor pariwisata di suatu daerah itu bisa tumbuh maka perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar juga mengalami peningkatan.

Masyarakat Grobogan juga diminta berperan aktif dalam Gerakan Menanam Pohon di semua lokasi sebagai bentuk nyata penghijauan yang melibatkan semua lapisan.

Saat berada di Ekowisata Ujung Kendeng, Gubernur Ganjar dan Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta sejumlah pejabat setempat melakukan penanaman berbagai jenis pohon.

"Bismillahirahmanirrahim, semoga tumbuh subur dan `ngrejekeni` warga sekitar. Amin," ujar Ganjar sambil menyiramkan air ke pohon nangka yang ditanamnya.

Kepala Administratur Perhutani Purwodadi Dewanto menambahkan Ekowisata Ujung Kendeng merupakan kerja sama pihaknya dengan lembaga masyarakat desa hutan setempat.

"Warga sekitar sebenarnya terbiasa menanam jagung, tapi kami edukasi agar menanam tanaman keras diantaranya buah-buahan," katanya.

Ia menyebutkan, bibit pohon buah-buahan yang ditanam sebanyak 1.500 pohon dari berbagai jenis seperti nangka, durian, sirsak, matoa, dan sengon.

Pewarta : Wisnu Adhi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024