Banjarnegara, ANTARA JATENG - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terus menggencarkan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) untuk meningkatkan konsumsi ikan di wilayah tersebut.

"Kampanye Gemarikan terus dilakukan, antara lain dengan menyasar para pelajar di sekolah-sekolah," kata Kabid Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Banjarnegara Yosep Andi Urip Sugiarto di Banjarnegara, Minggu.

Menurut dia, ikan merupakan sumber protein yang sangat baik.

Peningkatan konsumsi ikan, kata dia, juga berarti mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Peningkatan konsumsi ikan, kata dia, juga dapat mendorong peningkatan produksi ikan di Banjarnegara.

"Bila permintaan meningkat, produksi ikan juga akan meningkat, dan harapan kami dari peningkatan produksi ikan ini adalah meningkatnya kesejahteraan pembudidaya ikan di Banjarnegara," katanya.

Pemkab Banjarnegara, kata dia, terus berupaya menggenjot produksi perikanan budi daya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.

"Diharapkan setiap tahun ada peningkatan produksi perikanan budi daya," katanya.

Dia menyebutkan, estimasi produksi sampai dengan triwulan tiga tahun 2017 sebesar 17.473,99 ton.

"Dibanding tahun lalu naik sebesar 16,56 persen," katanya.

Dia menjelaskan, produksi sampai dengan triwulan tiga tahun 2016 sekitar 15.000 ton.

Dia menambahkan, salah satu upaya meningkatkan produksi perikanan budi daya adalah dengan menyosialisasikan program minapadi dan juga penerapan teknologi bioflok.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024