Temanggung, ANTARA JATENG - Sebagian besar keanggotaan partai politik di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terpenuhi berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU Kabupaten Temanggung, kata komisioner KPU setempat, Yami Blumut.

Yami di Temanggung, Kamis, mengatakan dari 14 parpol yang telah menyerahkan daftar anggota, telah dilakukan verifikasi administrasi pada 17 Oktober-15 November 2017.

Ia mengatakan dijadwalkan penyerahan hasil verifikasi administrasi kepada parpol pada 16-17 November 2017.

"KPU Kabupaten Temanggung akan menyerahkan hasil verifikasi administrasi tersebut pada Kamis (17/11)," katanya.

Ia menuturkan KPU Temanggung telah mengirimkan surat undangan kepada parpol untuk menugaskan petugas penghubung parpol guna menerima penyerahan hasil verifikasi administrasi.

Ia mengatakan bagi parpol yang tidak memenuhi syarat (tms) atau lebih kecil dari batas minimal sebanyak 769 anggota diberikan waktu untuk memperbaiki maksimal sejumlah yang diserahkan pada waktu pendaftaran.

Menurut dia, penyebab berkurangnya daftar anggota yang diserahkan karena ada nama ganda, baik internal maupun eksternal.

"Kalau ganda internal pasti akan berkurang karena satu orang bisa tertulis dua atau tiga nama, kalau eksternal belum tentu karena boleh pilih salah satu partai atau tidak memilih keduanya," katanya.

Menurut dia, ada puluhan data ganda yang akhirnya tidak memilih keanggotaan salah satu parpol. ***2***

(U.H018/B/I007/I007) 16-11-2017 15:29:24

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024