Temanggung, ANTARA JATENG - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melakukan upaya jemput bola kepada para pembaca dengan mengoperasikan dua unit mobil perpustakaan keliling.

"Perpustakaan keliling ini merupakan salah satu upaya kami mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung, Agus Munadi di Temanggung, Senin.

Ia mengatakan dua unit mobil perpustakaan keliling tersebut setiap hari kerja berkeliling melayani pembaca, baik pelajar di sekolah maupun masyarakat umum.

"Mobil perpustakaan keliling tersebut mendatangi sekolah maupun desa/kelurahan yang telah melakukan kerja sama dengan kami," katanya.

Ia menuturkan secara berkala mobil perpustakaan keliling itu mendatangi sekolah atau desa/kelurahan untuk meminjamkan sejumlah buku dan sekalian mengambil buku yang dipinjam pada periode sebelumnya.

Menurut dia program tersebut cukup efektif untuk menggugah minat baca masyarakat, terutama yang tiggal jauh dari perpustakaan.

Ia menuturkan minat masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan keliling cukup tinggi sehingga belum semua permintaan bisa terlayani karena keterbatasan armada.

Ke depan, pihaknya akan mengajukan penambahan unit perpustakaan keliling untuk melayani permintaan masyarakat.

Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Temanggung, Andayani mengatakan dengan dua unit perpustakaan keliling yang ada setiap titik baru bisa dikunjungi setiap dua bulan sekali.

Ia menyebutkan saat ini ada 163 sekolah dan 80 desa yang tersebar di 20 kecamatan telah melakukan kerja sama untuk mendapatkan pelayanan perpustakaan keliling.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024