Solo, ANTARA JATENG - Sebanyak 239 kepala keluarga di Kota Solo, Jawa Tengah, menerima Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS) dari Pemerintah Kota Surakarta.

"Kartu ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Kita pasti tidak ingin sakit, tetapi ketika sakit kan lebih `ayem` karena sudah punya kartu ini," kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di sela penyerahan JKN/KIS di Kelurahan Manahan, Solo, Senin.

Ia mengatakan 239 kepala keluarga yang menerima JKN/KIS tersebut berasal dari 5 kecamatan dan 51 kelurahan di Kota Solo. Menurut dia, secara keseluruhan JKN/KIS ini diserahkan secara bertahap.

Pihaknya berharap instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta segera menyelesaikan pembagian kartu tersebut agar masyarakat lebih tenang.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DKK Surakarta Purwanti mengatakan khusus untuk Kota Solo pada bulan ini telah terbit JKN/KIS untuk 239 KK yang terdiri dari 450 jiwa.

Menurut dia, dengan pemberian tersebut artinya hingga saat ini telah ada sebanyak 10.513 KK yang terdiri dari 29.270 jiwa di Kota Solo yang telah menerima fasilitas JKN/KIS pada tahun ini.

"Angka ini masih akan bertambah, saat ini data keluarga penerima JKN/KIS masih dalam proses validasi," katanya.

Ia mengatakan dengan telah menerimanya JKN/KIS, artinya pembayaran KIS penerima manfaat telah ditanggung oleh anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Solo.

"Oleh karena itu, agar tepat sasaran untuk datanya harus diverifikasi terlebih dulu. Untuk proses verifikasi data dilakukan oleh Dinas Sosial," katanya.

Pewarta : Aris Wasita Widiastuti
Editor :
Copyright © ANTARA 2024