Solo, ANTARA JATENG - Seribuan personel Kepolisian Resor Kota Sukarta akan diturunkan untuk mengamankan acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) III Majelis Tafsir AlQuran (MTA) 2017 yang digelar di Stadion Manahan Solo, 17 September mendatang.

"Kami akan menurunkan 1.000 personel dari Polres Kota Surakarta, ditambah Satuan Brimob, TNI, dan petugas dinas terkait untuk pengamanan Silatnas MTA," kata Kepala Bagian Operasional Polres Kota Surakarta Kompol Joko Arief, di Solo, Kamis.

Menurut Joko Arief, pola mengamanan Silatnas MTA yang dipusatkan di Stadion Manahan Solo tersebut akan dibuat menjadi tiga lapis baik secara terbuka maupun tertutup.

"Ring I di kawasan dalam Stadion Manahan, Ring II di areal parkir stadion, dan Ring III di pintu masuk kawasan stadion di Jalan Adi Sucipto, Jalan K.S. Tubun, dan Jalan Dr. Moewardi melingkar kawasan Manahan," kata Joko Arief.

Menurut dia, kondisi Jalan Adi Sucipto mulai dari perempatan Patung Wisnu hingga kawasan Manahan steril kendaraan baik roda dua maupun empat. Peserta MTA yang akan hadir sekitar 80.000 hingga 100 ribu orang akan berjalan dari tempat kantung parkir menuju Stadion Manahan.

"Kami lakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup untuk menghindari hal tidak diinginkan selama penyelenggaraan kegiatan," kata Joko Arief menegaskan.

Bahkan, Polri juga siap mendukung anggota TNI jika dibutuhkan pada pengamanan di kawasan Ring I yang dihadiri tamu pejabat negara seperti Presiden Indonesia atau lainnya.

"Kami sudah melakukan koordinasi dinas terkait dan lintas sektoral terkait pengamanan Silatnas MTA," katanya.

Kendati demikian, pihaknya berharap masyarakat Solo dapat menyesuaikan, karena datangnya puluhan ribu orang di kawasan Manahan akan berdampak adanya potensi gangguan kemacetan lalu lintas.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang hendak melintas di kawasan Manahan dapat mengambil alternatif jalan lain untuk menghindari kemacetan yang terjadi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) III Majelis Tafsir AlQuran (MTA) 2017 yang digelar di Stadion Manahan Solo, pada tanggal 17 September mendatang.

Menurut Pimpinan Pusat MTA Ustad Ahmad Sukina acara Silatnas yang digelar ketiga kalinya ini, selain akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi, juga Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan, dan seratusan ribu warga MTA dari perwakilan di seluruh Indonesia.

Ahmad Sukina mengatakan MTA yang memiliki 359 cabang perwakilan di seluruh Indonesia tersebut pada Silatnas di Solo, akan mengambil tema "Revolusi Kebhinekaan untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024