Magelang, ANTARA JATENG - Komando Distrik Militer 0705/Magelang bekerja sama dengan Rumah Sakit Tentara dr. Soejono Kota Magelang, Jawa Tengah, menyelenggarakan operasi katarak bagi masyarakat umum dalam rangkaian peringatan HUT Ke-72 TNI di daerah itu.

Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol Inf Hendra Purwanasari di Magelang, Selasa, mengatakan tercatat 89 orang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan sosial itu.

Namun, setelah melalui pemeriksaan oleh petugas medis RST dr. Soejono Kota Magelang, tercatat 22 orang memenuhi syarat untuk dilakukan operasi katarak.

Operasi katarak secara gratis, rencananya pada Kamis (7/9), sedangkan pada Selasa, mereka yang telah mendaftar, menjalani tahapan "screening" atau pemeriksaan oleh petugas medis.

Sebelumnya, ujarnya, para danramil dan babinsa di jajaran Kodim 0705 yang meliputi Kota dan Kabupaten Magelang menyosialisasikan kegiatan sosial berupa operasi katarak secara gratis tersebut kepada masyarakat.

"Tujuan kegiatan ini, terutama untuk membantu pelayanan kesehatan mata kepada masyarakat miskin," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan sosial itu bermanfaat makin memperkuat kemanunggalan antara TNI dan masyarakat setempat.

Seorang warga Dusun Demesan, Desa Girirejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Asliyah (62), yang dinyatakan lolos pemeriksaan, menyatakan berterima kasih kepada TNI karena menggelar kegiatan itu.

Selama ini, ia mengaku pandangan matanya kabur sehingga memutuskan untuk mengikuti operasi katarak tersebut.

Ia mengikuti datang ke RST dr. Soejono Kota Magelang untuk mengikuti program tersebut dengan diantar anggota Koramil Tempuran Pelda Totok Suyitno.

"Alhamudillah saya akan dioperasi, mudah-mudahan nanti setelah operasi bisa melihat dengan jelas lagi. Selama ini, saya harus hati-hati kalau berjalan karena matanya tidak awas," ujarnya dalam bahasa Jawa.

Ia mengharapkan operasi berjalan lancar. ***4***

(U.M029/B/M028/M028) 05-09-2017 15:31:11

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor :
Copyright © ANTARA 2024