Purwokerto, ANTARA JATENG - Pengelola Lokawisata Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, menargetkan sebanyak 10.000 wisatawan saat libur panjang akhir pekan (long weekend) yang berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha.

"Kami memang tidak melakukan persiapan khusus untuk menyambut wisatawan. Namun dalam libur panjang akhir pekan yang berlangsung selama tiga hari, kami menargetkan sebanyak 10.000 wisatawan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Lokawisata Baturraden Djoko Haryanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Kendati demikian, dia mengatakan sebanyak empat grup kentongan akan tampil secara bergantian pada hari Sabtu (2/9) dan Minggu (3/9).

Selain itu, kata dia, pihaknya bersama Kepolisian Resor Banyumas dan instansi terkait lainnya telah mendirikan pos pengamanan di Lokawisata Baturraden selama libur panjang akhir pekan.

Menurut dia, pos pengamanan itu didirikan guna mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan

Lebih lanjut, Djoko mengakui jika hingga saat ini, Lokawisata Baturraden masih banyak diminati wisatawan.

"Bahkan, Lokawisata Baturraden tetap menjadi andalan Kabupaten Banyumas, karena jumlah wisatawan yang berkunjung telah mencapai kisaran 472.000 orang dari target selama tahun 2017 yang sebanyak 550.000 orang," kayanya.

Ia mengaku optimistis target tersebut dapat tercapai hingga akhir tahun 2017.

Menurut dia, kondisi cuaca yang jarang hujan seperti beberapa waktu terakhir turut meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Baturraden.

Dalam hal ini, kata dia, jumlah rata-rata wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden pada hari Senin hingga Jumat berkisar 300-400 orang.

"Kalau hari Sabtu di kisaran 1.000 orang dan pada hari Minggu atau libur bisa mencapai 3.000 orang," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024