Semarang, ANTARA JATENG - Unit Pelayanan dan Pengoperasian Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (UPP Iptekin) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah ikut memeriahkan serangkaian kegiatan Peringatan Ke-22 Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang berlangsung di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami mengisi salah satu stan pada Pameran Ritech Expo pada 10-13 Agustus 2017 dengan produk-produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi masyarakat Jateng seperti alat tangkap ikan pengganti cantrang, `magic ring` penghemat bahan bakar minyak (BBM), `gava leaf antiseptic`, salapucino, kopi bambu bergaya Kebumen, sirup daun kersen, serta inovasi pemanfaatan limbah menjadi papan," kata Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng Hatta H Yunus di Semarang, Kamis.

Ia mengungkapkan bahwa berbagai inovasi dari masyarakat Jateng yang ditampilkan pada stan UPP Iptekin Bappeda Jateng itu menyedot perhatian pengunjung Pameran Ritech Expo.

Salah satunya inovasi yang menarik perhatian pengunjung pameran adalah alat tangkap ikan pengganti cantrang yang berbentuk seperti pesawat luar angkasa dan sayap binatang kelelawar itu merupakan penemuan nelayan asal Kabupaten Batang bernama Aziz Tarsono.

Alat tangkap ikan pengganti cantrang yang diberi nama Apollo dan Kelelewar itu menarik perhatian para pengunjung pameran terkait dengan polemik cantrang di kalangan nelayan.

Menurut Hatta, dengan keikutsertaan UPP Iptekin Bappeda Jateng dalam Pameran Ritech Expo di Makassar ini, selain mengenalkan produk dan temuan dari inovator asal Provinsi Jawa Tengah juga bertujuan menggelorakan serta menumbuhkembangkan inovasi dan budaya iptek pada masyarakat Indonesia.

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla membuka secara resmi serangkaian kegiatan Peringatan Ke-22 Hari Kebangkitan Teknologi Nasional dengan tema "Pembangunan Maritim Berbasis Pengetahuan" yang dipusatkan di Center Point of Indonesia, Kota Makassar, pada Kamis (10/8).

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi tersebut juga dihadiri oleh mantan Presiden B.J. Habibie, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M. Nasir.

Selain itu juga dihadiri beberapa anggota DPR dan DPD RI, Gubernur Sulawesi Selatan Yasin Limpo, jajaran Kepala Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), serta beberapa tamu undangan dari pemerintah daerah, civitas akademika, lembaga litbang, pelaku usaha, pemerhati iptek, dan mahasiswa.

Delegasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang hadir dan mengikuti pameran dipimpin langsung oleh Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sudjarwanto Dwiatmoko sekaligus mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Pewarta : Wisnu Adhi N.
Editor :
Copyright © ANTARA 2024