Cilacap, ANTARA JATENG - Harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, relatif stabil meskipun terjadi peningkatan permintaan dari konsumen, khususnya warga yang menggelar hajatan.

"Harga daging ayam ras dalam dua pekan terakhir bertahan di kisaran Rp30 ribu hingga Rp31 ribu per kilogram karena pasokannya lancar," kata pedagang daging ayam Martoyo di Pasar Tanjungsari, Cilacap, Rabu.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan harga daging ayam ras akan melonjak saat mendekati Iduladha 1438 Hijriah karena berdasarkan pengalaman, makin banyak warga yang menggelar hajatan maupun selamatan. Akan tetapi, kenaikan harganya diperkirakan tidak terlalu signifikan.

"Kenaikan harga daging ayam saat Iduladha biasanya tidak seperti saat Idulfitri," katanya.

Pedagang bumbu dapur Nani juga mengakui jika harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat dalam 2 pekan terakhir relatif stabil.

Harga bawang putih jenis kating, misalnya, saat ini sebesar Rp40 ribu/kg setelah sempat melonjak hingga di atas Rp60 ribu/kg, bawang putih jenis apel Rp22 ribu/kg, dan bawang merah Rp28 ribu/kg.

"Semoga harganya tidak bergejolak lagi sehingga daya beli masyarakat tetap tinggi. Kalau harga kebutuhan pokok melonjak, tentunya daya beli masyarakat menurun," katanya.

Berdasarkan data pantauan harga kebutuhan pokok masyarakat yang dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Cilacap, harga kebutuhan pokok di tiga pasar besar sekota Cilacap relatif stabil.

Bahkan, harga cabai rawit merah yang sempat melonjak hingga di atas Rp100 ribu/kg, saat ini hanya sebesar Rp29 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp18 ribu/kg, cabai merah besar Rp15 ribu/kg, dan cabai merah keriting Rp18 ribu/kg.



Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024