Banjarnegara, ANTARA JATENG - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RSUD Hj. Anna Lasmanah untuk memastikan pelayanan rumah sakit umum daerah itu tetap berjalan selama Lebaran 2017.

Dalam inspeksi yang dilakukan, Senin, Bupati meninjau Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mengetahui kesiapan pelayanan dan berdialog dengan sejumlah pasien, beberapa di antaranya korban kecelakaan saat mengikuti takbir keliling.

Saat berdialog dengan pasien, dia berpesan agar mereka tetap bersabar meskipun harus berlebaran di rumah sakit.

"Saya selalu memantau perkembangan pelayanan di rumah sakit, terutama saat puncak arus mudik maupun saat lebaran seperti saat ini," kata Budhi.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanan di RSUD Hj. Anna Lasmanah selama lebaran tetap berjalan maksimal seperti pada hari-hari biasa.

Kendati aparatur sipil negara sedang cuti bersama, dia mengatakan pelayanan di RSUD Hj. Anna Lasmanah tetap berjalan karena rumah sakit itu menjadi salah satu rujukan bagi pasien selama lebaran.

Sementara itu, Direktur RSUD Hj. Anna Lasmanah Agung Budianto mengatakan semua tenaga medis, peralatan, dan logistik di rumah sakit tersebut masih aman hingga dua minggu setelah lebaran.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir jika ingin melakukan rujukan ke RSUD Hj. Anna Lasmanah karena pihaknya siap melayani.

"Selama lebaran, kami tetap melayani seperti biasa dan semua terbagi dalam tiga sif setiap harinya. Setiap sif ada empat orang dokter jaga sedangkan untuk dokter spesialis, semuanya berstatus `on call` (siap dipanggil jika dibutuhkan, red.)," katanya.

Agung mengatakan pantauan terakhir di RSUD Hj. Anna Lasmanah selama masa lebaran, ibu hamil merupakan pasien yang paling banyak menghuni beberapa ruang yang disediakan untuk ibu hamil.

Menurut dia, kesiapan RSUD Hj. Anna Lasmanah untuk menjadi rujukan selama masa lebaran menjadikan ruang pelayanan ibu hamil menjadi penuh.

"Sesuai dengan instruksi dari Bupati, baik puskesmas maupun rumah sakit memang harus tetap memberikan pelayanan selama masa lebaran, terutama pelayanan bagi ibu hamil. Selain itu, pasien lainnya juga tetap kami layani, sementara IGD buka selama 24 jam," katanya.

Usai meninjau RSUD Hj. Anna Lasmanah, Bupati memantau posko pelayanan mudik lebaran serta beberapa puskesmas yang berada di ruas jalan nasional.

Pewarta : Sumarwoto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024