Magelang, ANTARA JATENG - Kegiatan jual-beli di Pasar Rejowinangun Kota Magelang diperpanjang mulai pagi hingga malam hari guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih leluasa dalam memenuhi berbagai kebutuhan untuk berlebaran, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Magelang Joko Budiyono.

"Sudah dimulai kemarin (18/6), supaya masyarakat mempunyai waktu lebih banyak untuk berbelanja berbagai kebutuhan untuk Lebaran," ujarnya di Magelang, Senin.

Pada hari biasa, kegiatan masyarakat di Pasar Rejowinangun mulai pukul 07.00-17.00 WIB, sedangkan menjelang Lebaran ini tutupnya pada pukul 22.00 WIB.

Ia mengatakan kebijakan itu akan berlaku hingga H-1 Lebaran mendatang atau Sabtu (24/6).

Ia menjelaskan dengan pembukaan hingga malam hari kegiatan di pasar tradisional terbesar di daerah itu maka para pekerja di Kota Magelang yang pulang kerja hingga sore hari bisa mendapatkan kesempatan belanja kebutuhan Lebaran pada malam hari di pasar tersebut.

Selain itu, ujarnya, menyambut pemudik yang telah tiba di kampung halamannya di Kota Magelang dan sekitarnya untuk memanfaatkan kesempatan berbelanja di pasar tersebut.

"Kalau ada pemudik yang baru sampai Magelang sore hari dan ingin melihat-lihat kegiatan masyarakat di pasar, atau berbelanja di Pasar Rejowinangun, bisa terpenuhi keinginannya," katanya.

Ia mengatakan petugas melakukan pemantauan aktivitas di berbagai pasar, termasuk Pasar Rejowinangun.

Keramaian masyarakat di pasar itu menjelang Lebaran 2017, ujarnya, terutama di kios kue, pakaian, sembako, daging, sepatu, dan sandal.

"Sejak beberapa hari terakhir sudah mengalami peningkatan kegiatan masyarakat di Pasar Rejowinangun," katanya.

Mereka yang berbelanja di pasar tersebut, katanya, bukan hanya masyarakat Kota Magelang, akan tetapi juga warga dari berbagai desa di sekitar kota tersebut. (hms)


Pewarta : Anggit Pamungkas
Editor :
Copyright © ANTARA 2024