Magelang, ANTARA JATENG - Sebanyak 25 SMP dan sederajat di Kota Magelang diundang mengikuti Kompetisi Robot Air yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pemkot Magelang untuk mengembangkan  kreativitas dan inovasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, di kalangan pelajar setempat.

"Supaya pengetahuan dan inovasi tentang iptek terus berkembang dan bersinambungan," kata Kepala Balitbang Pemkot Magelang Arif Barata Sakti di Magelang, Jumat.

Kompetisi yang rencananya pada akhir Juli mendatang itu, ujarnya, sebagai wadah pelajar mempraktikan ilmu dan pengetahuan yang mereka peroleh di sekolah.

Ia mengatakan setiap sekolah boleh mengirimkan dua tim dalam kompetisi roket air yang juga menjadi ajang untuk memajukan teknologi kedirgantaraan itu.

Ia menjelaskan melalui kompetisi tersebut para pelajar bisa belajar dan bermain tentang teknologi.

Kompetisi robot air, katanya, sebagai permainan edukatif yang mudah dipahami, murah, dan menyenangkan, terutama di kalangan anak-anak, terkait dengan implementasi sains.

Ia mengatakan kegiatan tersebut juga untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Kota Magelang menjadi "Kota Modern" dan "Kota Cerdas" berbasis teknologi.

"Diperlukan partisipasi aktif pelajar dalam mendukung kemajuan teknologi dirgantara untuk menuju Kota Magelang sebagai `Kota Modern` dan `Kota Cerdas`," katanya.

Masa pendaftaran peserta kompetisi pada 15 Mei hingga 19 Juli 2017, sedangkan kompetisi akan dilaksanakan pada 25 Juli 2017.

Dalam rangkaian kegiatan itu, ujarnya, juga diselenggarakan lomba "Yel-Yel Competition" dan "Roket Air Selfie Contest".

"Biar lebih semangat dan meriah serta dapat menarik pengunjung lebih banyak untuk menyaksikan kompetisi," tuturnya.

Belum lama ini, pihaknya mengundang perwakilan SMP dan sederajat di kota setempat untuk mengikutui sosialisasi kompetisi roket air untuk memberikan gambaran teknis kepada peserta soal pelaksanaan kegiatan tersebut. (hms)



Pewarta : Ristanto
Editor :
Copyright © ANTARA 2024