Semarang, ANTARA JATENG - Perusahaan jasa internet PT Media Sarana Data atau Gmedia menargetkan penambahan 600 pelanggan baru dari kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Semarang.

"Kalau secara keseluruhan targetnya ada 1.000 pelanggan baru khusus Kota Semarang di tahun ini tetapi harapannya kami 60 persen di antaranya dari kalangan UMKM," kata Manajer Pemasaran Gmedia Regional Semarang Adhi Darmintho di Semarang, Kamis.

Meski demikian, secara nasional hingga akhir tahun ini pihaknya menargetkan penambahan 3.000 pelanggan baru.

"Kalau sejauh ini jumlah pelanggan kami secara nasional lebih dari 5.000 pelanggan, 2.400 di antaranya merupakan pelanggan dari Semarang dan sekitarnya," katanya.

Khusus kontribusi dari UMKM, dikatakannya, masih di kisaran 30 persen. Melihat capaian tersebut, pihaknya berupaya terus mendongkrak penggunaan dari kalangan UMKM.

"Saat ini semakin banyak jumlah UMKM di daerah, keberadaan mereka ini perlu didukung dengan adanya fasilitas infrastruktur dari sisi kecepatan internet yang mumpuni," katanya.

Untuk menyasar ke segmentasi tersebut, dikatakannya, Gmedia meluncurkan produk baru dengan nama Gforce atau Gmedia fiber optic service.

"Gforce ini memberikan layanan `fiber optic` dengan kecepatan 25-300 mbps. Jadi kecepatannya tidak hanya sampai ke situs dalam negeri tetapi juga luar negeri," katanya.

Sementara itu, mengenai infrastruktur, pihaknya telah melakukan peningkatan kualitas layanan dengan melakukan pembangunan jaringan kabel serat optik atau "fiber optic" yang dimiliki oleh Gmedia sendiri di Regional Semarang, Yogyakarta, dan Bali.

"Pada Regional Semarang, untuk penggelaran `fiber optic` ini Gmedia telah mengeluarkan investasi lebih dari Rp10 miliar dengan `coverage` meliputi area seluruh Kota Semarang," katanya.

Pihaknya merencanakan terus melanjutkan penggelaran hingga Kendal dan Salatiga mengingat potensi pasar yang cukup baik.

"Di daerah-daerah tersebut akan banyak industri baru yang muncul, sehingga kebutuhan mereka akan layanan internet semakin besar," katanya.

Pewarta : Aris Wasita Widiastuti
Editor :
Copyright © ANTARA 2024