Pati, ANTARA JATENG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menemukan sebanyak 448 surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2017 mengalami kerusakan karena berbagai penyebab.

"Jumlah surat suara rusak tersebut, masih memungkinkan bertambah karena saat ini masih proses sortir dan lipat," kata Anggota KPU Pati Imbang Setiawan di Pati, Kamis.

Ia mengatakan, kerusakan surat suara tersebut, di antaranya karena ada bayangan, salah cetak, tulisan tidak jelas dan mengumpul, terdapat titik- titik hitam, sobek, serta cetakan tidak sempurna.

Adapun rinciannya, surat suara yang rusak karena ada bayangan sebanyak 72 lembar, salah cetak 27 lembar, tulisan tidak jelas dan mengumpul 40 lembar, ada titik-titik hitam 106 lembar, sobek 49 lembar, dan cetakan tidak sempurna 154 lembar.

Surat suara rusak, kata dia, akan dibuatkan berita acara, kemudian dilaporkan kepada perusahaan percetakan untuk mendapatkan penggantinya.

"Harapannya, setelah disampaikan bisa secepatnya mendapatkan pengganti untuk dilakukan sortir dan lipat," ujarnya.

Pasalnya, kata dia, pada awal Februari 2017 sudah mulai didistribusikan, sedangkan H-7 logistik sudah sampai di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada.

Terkait proses sortir dan lipat yang melampaui target, kata dia, KPU Pati berupaya maksimal dalam ketelitian, sehingga tidak begitu mempermasalahkan dengan jangka waktu yang agak lama.

Ia memperkirakan, proses sortir dan lipat yang dimulai sejak Senin (16/1) baru akan selesai pada Sabtu (21/1).

Adapun total surat suara yang diterima oleh KPU Pati sebanyak 1.062.995 surat suara.

Sementara jumlah DPT untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati 2017 sebanyak 1.034.256 orang, meliputi sebanyak 508.019 laki-laki dan selebihnya perempuan.

Jutaan pemilih tersebut, tersebar di 406 desa/kelurahan yang tersebar di 21 kecamatan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 2.295 TPS.

Pilkada Pati 2017 diikuti pasangan calon tunggal, yakni Haryanto-Saiful Arifin yang diusung sembilan partai politik yang ada di ada di Kabupaten Pati.

Kedelapan parpol tersebut, yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS dan PPP dengan total dukungan 46 kursi.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024