Magelang, Antara Jateng - Para mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Magelang mengenalkan potensi desa di Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, melalui "website".

         Dalam peluncuran "Website Profile Potensi Desa" di Kantor Kecamatan Grabag, Magelang, Kamis, Dekan Fakultas Teknik UMM Yun Arifatul Fatimah mengatakan dari 28 desa di Grabag, pada tahap I ada lima desa yang difasilitasi layanan "website".

         Ia menyebutkan kelima desa tersebut, yakni Ngrancah, Sugihmas, Giriwetan, Tirto, dan Sambungrejo.

         Ia menyampaikan program tersebut telah dirancang oleh FT UM Magelang sebagai bentuk kerja praktik lapangan serta wujud mahasiswa mengaplikasikan ilmu yang telah diterima di bangku kuliah.

         "Selain itu bagi dosen UMM juga sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian di desa tersebut," katanya.

         Ia menjelaskan praktik lapangan yang dilakukan para mahasiswa, yakni identifikasi potensi lima desa tersebut kemudian diimplementasikan ke dalam program "website" desa yang diluncurkan tersebut.

         Setelah mengenalkan potensi desa secara lebih luas dan mendunia  melalui "website", katanya, pada tahap selanjutnya menghadirkan teknologi informasi di desa untuk kepentingan e-commerce sehingga produk unggulan dari desa  dapat dipasarkan melalui "website" agar lebih mudah dan murah.

         Sebanyak 14 mahasiswa dikerahkan untuk mengawal program tersebut. Mereka mahasiswa D3 Prodi Teknik Informatika FT UMM dengan didampingi enam dosen pembimbing. Mereka telah membuat program "website" di lima desa tersebut mulai 1 November hingga 31 Desember  2016.

         Selain peluncuran program tersebut, para mahasiswa melakukan presentasi tentang "website" desa itu diikuti oleh seluruh hadirin, termasuk para perangkat desa yang hadir memberikan tanggapan.

         Camat Grabag Labbaika Nugroho menyambut baik kegiatan tersebut.

         "Kami sangat mendukung kegiatan yang dilakukan FT UMM dengan harapan dapat mengangkat potensi desa melalui teknologi yang belum kami ketahui sebelumnya," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024