Semarang, Antara Jateng - Wali Kota Semarang, Provinsi Jawa tengah Hendrar Prihadi mengatakan pemerintah kota setempat memiliki program aplikasi di ponsel pintar bernama "Wis Semar" untuk memudahkan wisatawan.

"Kami punya beberapa program aplikasi yang bisa dimanfaatkan, salah satunya 'Wis Semar' (Wisata Semarang). 'Monggo' saja dipakai bagi kawan-kawan dari luar Semarang," katanya di Semarang, Senin.

Aplikasi yang baru bisa didapatkan melalui "Play Store" itu dimaksudkan untuk membantu memandu wisatawan mengetahui detail lokasi objek-objek wisata yang ada di Kota Atlas.

"Wis Semar", kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi merupakan suatu aplikasi layanan publik dari Pemkot Semarang yang digunakan sebagai pemandu wisata di kota itu.

Aplikasi itu memberikan konten terhadap layanan aplikasi mobile "smartphone Android" sehingga pengguna dapat mengetahui lokasi secara "realtime" dari posisi sekarang.

Aplikasi "Wis Semar", kata dia merupakan salah satu dari 149 aplikasi yang dimiliki Pemkot Semarang, baik aplikasi yang berbasis Android hingga berbentuk "website", seperti KRK "online".

"'Wis Semar' ini 'monggo' saja dipakai untuk mencari tempat atau lokasi (wisata, red.) yang bagus, terutama wisatawan yang mengunjungi Semarang pada libur Natal dan Tahun Baru ini," katanya.

Ada banyak destinasi unggulan Kota Semarang yang bisa dikunjungi, kata dia mulai kawasan Kota Lama dengan Gereja Blenduk dan banyak bangunan peninggalan Belanda, hingga Goa Kreo yang menawarkan wisata alam.

Ia berharap masyarakat dari luar kota yang menikmati wisata di Kota Semarang selama libur Natal dan Tahun Baru ini bisa terlayani dengan baik, aman, dan nyaman.

"Kalau ada hal-hal yang mungkin kurang, kawan-kawan dari luar Kota Semarang bisa langsung melaporkan kepada kami, termasuk lewat dalam jaringan ('online'), atau bisa juga SMS Lapor Hendi," katanya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024