Pekalongan, Antara Jateng - Sedikitnya 12 Kantor Cabang Koperasi Simpan Pinjam Jasa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-43 Kospin Jasa menggelar donor darah secara serentak.

Ketua Panitia H Guruh Iroyanto di Pekalongan, Rabu, mengatakan, jumlah pendonor dalam rangka HUT ke-43 Kospin Jasa mencapai 147 orang atau meningkat dibanding tahun sebelumnya 108 orang.

"Untuk Kantor Kospin Jasa Pekalongan saja sudah ada 215 yang melakukan pendaftaran. Akan tetapi saat pengambilan darah ada 68 orang yang gagal diambil darahnya," katanya.

Ia yang didampingi Koordinator Donor Darah, Harap Cendikiawan menyampaikan ucapan terima kasih pada pendonor yang sudah secara suka rela mendonorkan darahnya.

"Alhamdulillah, jumlah pendonor tiap tahun selalu bertambah banyak. Pada tahun sebelumnya mencapai 108 orang tetapi sekarang bertambah menjadi 147 orang," katanya.

Menurut dia, kesadaran karyawan dan anggota untuk mendonorkan darah terhadap sesamanya terus meningkat sehingga kegiatan donor akan terus dilakukan pada setiap HUT Kospin Jasa.

Pada pelaksanaan donor darah, kata dia, Kospin Jasa setiap tahunnya menggelar secara rutin sebanyak dua kali, yaitu saat HUT koperasi terbaik di nusantara ini (Bulan Desember) dan Hari Koperasi pada setiap bulan Juli.

"Kegiatan sosial ini memang sengaja kami pertahankan karena peduli terhadap sesama merupakan ibadah dan semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Ia mengatakan pada kegiatan bakti sosial ini, Kospin Jasa akan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Selain melakukan aksi donor, kata dia, Kospin Jasa juga mengadakan pengajian dan renungan di halaman kantor masing-masing pada pukul 06.00 WIB, serta pembagian sembako yang dipusatkan di Kantor Pusat Kospin Jasa Pekalongan.

"Untuk puncak acara HUT Kospin Jasa akan kami laksanakan pada hari Sabtu (17/12) sekaligus peluncuran buku 'Secangkir Kopi Andy' yang rencananya juga akan dihadiri Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga," katanya.

Belasan Kantor Cabang Kospin Jasa ini, antara lain, Lampung, Purwokerto, Purbalingga, Tegal, Kajen, Pekalongan, Wonosobo, Syariah Solo, Weleri dan Cirebon.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024