Jika Anda berwisata ke Kota Pahlawan, Surabaya, tidak harus selalu mendatangi objek wisata alamnya. Masih banyak tempat wisata lain yang layak untuk dikunjungi, seperti objek wisata religi dan objek wisata kulinernya.

Jika ingin mencicipi makanan khas selain rujak cingur dan lontong balap, Anda bisa mencoba sajian khas Surabaya lain yang pasti bisa menggoyang lidah, yaitu “Sambal Bu Rudy”.

Bagi Anda yang sering berkunjung ke Surabaya, pastinya tidak asing lagi mendengar nama kedai Sambal Bu Rudy. Terletak di Jalan Dharmahusada, nomor 140, Surabaya, kedai Sambal Bu Rudy ini terkenal akan rasa sambalnya yang sangat pedas dan nikmat. Orang-orang yang pernah mencicipinya, selalu ingin kembali merasakan sensasi pedas dan nikmatnya.

Selain terkenal akan rasa sambalnya yang nikmat di lidah, rumah makan ini juga terkenal akan udang empalnya. Udang empal yang renyah dan gurih, serta sambal bawang Bu Rudy yang pedas menggigit adalah pasangan yang cocok yang bisa menggoyang lidah dan membuat Anda menyeka keringat karena rasanya yang cukup pedas.

Sekilas depot Sambal Bu Rudy memiliki tampilan yang sama dengan pusat oleh-oleh khas Surabaya yang lain. Tapi, siapa sangka? Di balik kesederhanaannya, depot  Sambal Bu Rudy ternyata menyimpan sejumlah masakan yang nikmat yang sayang jika tidak dicoba.

Sedikit mengulas, Sosok wanita di balik sebotol Sambal Bu Rudy adalah Ibu IE Lani Siswadi. Wanita kelahiran Madiun, tahun 1953 ini, merantau ke Surabaya pada tahun 1970 dan kemudian menikah dengan Bapak Rudy Siswadi. Sejak saat itulah dirinya dipanggil dengan nama Bu Rudy.

Bu Rudy memulai usahanya sejak tahun 2000. Sambal udang khas Bu Rudy tercipta karena Pak Rudi suka memancing. Jika Pak Rudy tidak mendapatkan hasil, umpan memancing yang berupa udang kecil selalu ia bawa pulang. Bu Rudy tak mau tinggal diam. Ia memasak udang kecil tersebut menjadi udang kering dan membuat sambal sebagai pelengkapnya. Sejak saat itu, ia menjual nasi udang sambalnya dan mendapat respons yang sangat bagus.

Nah, itulah tadi sekilas tentang Sambal Bu Rudy yang terkenal di Surabaya dan wanita yang ada di balik label botol sambal tersebut. Jika Anda berlibur ke Surabaya, jangan lupa untuk mencicipi sambal nikmat yang satu ini dan bawa pulang sebotol sambalnya sebagai oleh-oleh khas Surabaya.

Jangan lupa untuk menjelajahi objek wisata lainnya di Surabaya. Untuk itu menginaplah barang beberapa hari di kota pahlawan ini. Mengenai akomodasinya, Anda bisa mencari hotel murah di Surabaya melalui Airy Rooms.

Kenapa Airy Rooms? Karena Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia yang menawarkan layanan hotel murah namun dengan kualitas yang tinggi. Walaupun murah, setidaknya ada 7 fasilitas utama yang ditawarkan di hotel-hotel jaringan Airy Rooms, yaitu mencakup kamar hotel yang bersih, AC, Air minum gratis, TV layar datar, fasilitas air panas, hingga jaringan WiFi yang bisa diakses secara Cuma-cuma. 

Untuk pemesanannya, Anda bisa langsung mengakses situs resmi Airy Rooms di www.airyrooms.com, atau mengunduh aplikasinya di Playstore untuk perangkat Android serta Appstore untuk perangkat iOS. Atau untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa langsung menghubungi Customer Service di nomor telepon yang tercantum di website Airy Rooms.

Untuk proses pembayaran hotelnya bisa dilakukan menggunakan kartu kredit atau transfer secara langsung.

Jadi, cepat pesan kamar hotel di Airy Rooms dan kosongkan perut Anda, karena kita akan berburu sambal Bu Rudy yang pedas menggigit, di Surabaya.

Pewarta : -
Editor :
Copyright © ANTARA 2024