Bogor, Jawa Barat Antara Jateng - Pebalap Repsol Honda sekaligus Juara Dunia MotoGP 2016, Marc Marquez, membagikan pengalamannya dan memberi petuah kepada 16 siswa sekolah balap Astra Honda Racing School (AHRS) di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pada sesinya berbicara, Marquez membagikan tips posisi duduk yang baik dalam beraksi di lintasan balap.

"Tentu saja, posisi duduk yang benar itu sangat penting dalam membalap. Misalnya tumit, betis, lutut dan paha harus mendekap erat motor," kata Marquez sembari memperagakan di hadapan para siswa AHRS.

Marquez mengingatkan agar telapak kaki harus menjejak sedekat mungkin dengan badan sepeda motor sehingga tidak ada ruang tersisa demi meningkatkan aspek aerodinamis kala berakselerasi di trek lurus maupun tikungan.

Ia juga mengingatkan agar ujung lutut selalu bersentuhan dengan ujung siku ketika dalam keadaan membalap, agar memudahkan keseimbangan manuver.

Selain memberikan tips-tips membalap, pemegang juara dunia lima kali itu juga mendampingi ke-16 siswa AHRS melakukan putaran bersama di lintasan balap Sirkuit Sentul.

Kehadiran Marquez sebagai pelatih spesial dalam coaching clinic tersebut, menurut Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor Johannes Loman menjadi wujud nyata kepedulian dan dukungan AHM terhadap pembinaan dunia balap Indonesia.

"Juara dunia Marquez jadi special coach hari ini. Kami harapkan pengalaman yang dibagikan Marquez dapat meningkatkan kemampuan siswa-siswa AHRS agar di kemudian hari bisa berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," kata Johannes.

Pewarta : Antaranews
Editor : Totok Marwoto
Copyright © ANTARA 2024