Temanggung, Antara Jateng - Pertokoan Temanggung Indah yang dibangun di sebelah selatan Alun-Alun Temanggung, Jawa Tengah, menjadi pusat kuliner khas daerah dan diresmikan oleh Bupati Bambang Sukarno.

Bambang di Temanggung, Selasa, mengatakan pertokoan berlantai dua ini, untuk lantai dua khusus menyediakan kuliner khas Temanggung.

Meskipun berada di lantai dua, pusat kuliner tersebut didesain dengan ruang terbuka sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan luar berupa alun-alun.

Guna mendukung keberadaan pusat kuliner tersebut, kawasan alun-alun nantinya akan dibenahi termasuk taman belakang Pendopo Pengayoman.

Ia berharap keberadaan pusat kuliner tersebut dapat mendukung perkembangan pariwisata di Temanggung.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti mengatakan, lokasi kuliner di lantai dua berbentuk los yang bisa ditempati untuk 10 pedagang.

"Khusus lantai dua menyediakan makanan khas Temanggung seperti brongkos, kuluban, nasi jagung dan sebagainya. Saat ini memang belum terisi dan kami masih koordinasi dengan pihak terkait," katanya.

Ia menuturkan untuk lantai satu telah ditempati oleh para pedagang yang dulu memang telah berjualan di lokasi tersebut.

"Di lantai bawah berupa bangunan kios yang ditempati 18 pedagang makanan, mereka sudah membayar retribusi penempatan awal," katanya.

Lokasi pertokoan Temanggung Indah sebelumnya berupa warung-warung yang kurang tertata dan kini menjadi tempat yang cukup representasif untuk menikmati kuliner.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024