Batang, Antara Jateng - Tempat rest area Rumah Dinas Bupati Batang, Jawa Tengah, dipadati para pemudik arus balik Lebaran, Selasa (12/7).

Pemudik asal Surabaya, Ulum, di Batang, Selasa, mengatakan bahwa dirinya mengetahui ada rest area Rumah Dinas Bupati Batang dari spanduk yang dipasang di pinggir jalur pantai utara (Pantura) setempat.

"Rest area ini cukup membantu para pemudik untuk berisitirahat sebelum melanjutkan perjalanan lagi karena lokasinya strategis, nyaman, dan aman," katanya.

Ia mengaku selama perjalanan dari Surabaya (Jawa Timur), Senin (11/7) sore hingga Kabupaten Batang Selasa (12/7) siang, kondisi arus lalu lintas padat lancar.

"Hanya saja, setelah sampai jalur pantura Kandeman KM-9, arus lalu lintas kendaraan padat merayap. Oleh karena, kami memanfaatkan rest area sekadar melepaskan lelah agar badan kembali segar," kata Ulum sebelum melanjutkan perjalanannya menuju Jakarta.

Pemudik lainnya, Herman, mengatakan rest area balik Lebaran yang disiapkan oleh Bupati Batang, sangat membantu meringankan biaya perjalanan pemudik bersepeda motor.

"Sebagai orang berpenghasilan pas-pasan, kami terbantu oleh adanya rest area ini karena di sini juga tersedia minuman teh, kopi, tempat tidur, dan kursi pijat," katanya.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan pengadaan tempat rest area ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah daerah terhadap masyarakat, khususnya para pemudik.

"Kami berterima kasih kepada para pemudik yang bersedia singgah di rumah dinas kami ini sekadar untuk beristirahat," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024