Semarang, Antara Jateng - Harga sejumlah komoditas pokok masih stabil bahkan ada beberapa yang mengalami penurunan saat memasuki bulan Ramadhan tahun 2016.

"Harga bawang merah antara Rp25-30 ribu/kg, sedangkan bawang putih Rp30 ribu/kg," kata salah satu pedagang bumbu di kawasan Pasar Johar, Rubi di Semarang, Senin.

Menurut dia, harga tersebut stabil selama beberapa bulan terakhir ini. Untuk pengadaannya pun tidak mengalami kendala. Khusus bawang merah didatangkan dari daerah Brebes dan Parakan.

"Pengiriman sekitar lima karung/hari. Satu karung berisi 50-60 kg, jadi penjualan dalam satu hari juga di kisaran lima karung itu," katanya.

Sedangkan untuk komoditas cabai juga harganya masih relatif stabil. Untuk cabai rawit merah di harga Rp18 ribu/kg, cabai rawit hijau di kisaran Rp15 ribu/kg, cabai keriting Rp15 ribu/kg, cabai merah besar Rp15 ribu/kg, dan cabai besar hijau Rp12 ribu/kg.

Meski demikian, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Gula jawa naik dari Rp63 ribu/5 kg menjadi saat ini Rp80 ribu/5 kg.

Sedangkan kentang dari Rp8 ribu/kg menjadi Rp13 ribu/kg. Khusus untuk kentang ini menurut distributor kenaikan disebabkan oleh belum masuknya musim panen.

"Kacang tanah juga mengalami kenaikan, dari Rp24 ribu/kg menjadi Rp27 ribu/kg," katanya.

Sementara itu, pedagang lain Hartini mengatakan harga minyak curah masih stabil yaitu antara Rp10.800-11.000/kg.

"Kalau gula pasir harganya sudah mulai turun, dari akhir bulan lalu di kisaran Rp16.500/kg saat ini menjadi Rp16 ribu/kg," katanya.

Pihaknya meyakini harga tersebut akan kembali turun seiring dengan masuknya musim panen tebu di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Komoditas lain yang juga mengalami penurunan harga yaitu telur ayam ras. Pada pagi hari pedagang Hartini masih menjual Rp22.500/kg, sedangkan pada siang Senin ia harganya menjadi Rp22 ribu/kg.

"Mudah-mudahan penurunan harga ini bisa berdampak pada peningkatan pembelian oleh masyarakat, apalagi setiap Ramadhan memang pembelian dari masyarakat semakin banyak," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024