"Memang penjualan komputer pada tahun lalu mengalami penurunan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, kami berharap saat ini penjualan bisa lebih baik dari tahun lalu," kata Ketua Apkomindo Jateng Edy Joko Kiswanto di Semarang, Kamis.

Meski enggan mengatakan berapa penurunan penjualan pada tahun lalu, Edy mengatakan kondisi tersebut berdampak pada berkurangnya jumlah pameran yang akan diadakan pada tahun ini. Jika biasanya dalam satu tahun Apkomindo Jateng bisa menggelar enam kali pameran di Semarang, untuk tahun ini dikurangi menjadi empat kali.

Menurut dia, karena berkurangnya jumlah pameran yang dilaksanakan, jika di tahun-tahun sebelumnya pameran mulai dilakukan pada Januari, untuk saat ini baru dimulai Maret.

"Mudah-mudahan dalam pameran sebanyak empat kali ini penjualan bisa lebih optimal dan sesuai dengan yang kami harapkan," katanya.

Untuk pameran yang pertama 2016 ini, diikuti oleh sejumlah vendor di antaranya Acer, Asus, Lenovo, HP, dan Del. Diakuinya, para vendor ini agak khawatir dengan hasil dari pameran kali ini.

Untuk target penjualan, mereka tidak menyebutkan angka pasti. Pihaknya hanya berharap bisa menjual komputer sebanyak mungkin.

Sementara itu, untuk mendongkrak penjualan pihaknya juga melakukan penjualan melalui jaringan internet dengan nama apkomindomall.com. Penjualan melalui "online" tersebut berangkat dari maraknya penjualan komputer yang tidak dilakukan oleh pedagang komputer.

"Mereka yang jualan biasanya malah bukan pedagang komputer, ini yang membuat kami akhirnya menggunakan sistem 'onlinr'. Jadi konsumen yang ingin membeli komputer dan perangkat yang lain bisa membeli dari pedagang yang terpercaya. Para pedagang ini juga memiliki toko sehingga lebih terjamin produknya," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024