Kegiatan pelatihan penggunaan alat-alat penanggulangan bencana diberikan anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kata kepala BPBD Kota Surakarta Gatot Sutanto usai kegiatan latihan di Solo, Kamis.

Menurut Gatot Sutanto, alat-alat khusus yang diberikan sebagai pelatihan antara lain sprider, door operner, tang hidrolis, dan mesin pemotong logam breathing apparatus (BA).

Pada pelatihan khususnya kepada anggota baru tersebut, kata dia, agar dalam mengoperasikan alat-alat tidak sembarangan, dan membutuhkan keahlian khusus. Alat yang digunakan ini, dalam simulasi terbukti ampuh mengatasi keadaan darurat, seperti pohon tumbang, baliho ambruk, dan korban terjebak di dalam mobil.

Ia mengatakan banyaknya latihan tersebut diharapkan anggota lebih sigap jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Karena, bencana datang secara tiba-tiba dan tidak tahu kapan bisa terjadi.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau masyarakat jika terjadi sesuatu di lingkungannya untuk segera menghubungi BPBD.

"Masyarakat menyampaikan keterangan yang jelas kepada petugas, sehingga dapat segera ke lokasi memberikan pertolongan tepat dan cepat," katanya.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024