"Sesusai dengan tema HUT Ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu 'Ayo Kerja', saya mengajak seluruh warga Wonosobo untuk menyingsingkan lengan baju dan bekerja lebih keras demi kemajuan daerah dan kesejahteraan bersama," katanya di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin.

Kholiq mengatakan hal tersebut saat menyampaikan amanah selaku inspektur upacara bendera peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di Alun-Alun Wonosobo.

Upaya Pemerintah Kabupaten Wonosobo untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, kata Bupati, salah satu langkah yang diambil guna mengejar ketertinggalan adalah dengan membentuk PT Aneka Usaha.

Badan usaha milik daerah tersebut bakal bergerak dalam berbagai sektor, antara lain perikanan, pertanian, peternakan, pengelolaan objek wisata, dan pasar tradisional.

Perseroan Terbatas Aneka Usaha, kata Kholiq, juga ditujukan untuk mengurangi angka pengangguran dan menekan pertumbuhan penduduk miskin.

"Adanya PT Aneka Usaha banyak menyerap tenaga kerja sehingga secara bertahap mampu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Melalui PT Aneka Usaha itu pula, Kholiq meyakini Kabupaten Wonosobo mampu meningkatkan daya saing dunia usaha, baik di lingkup regional maupun skala lebih luas, yaitu persaingan global.

Guna mendukung langkah pemkab tersebut, dia berharap masyarakat mau dan mampu bekerja keras, khususnya untuk mengembangkan beragam potensi lokal di wilayah masing-masing.

"Potensi lokal di Wonosobo yang sedemikian kaya hendaknya bisa dikelola secara optimal sehingga nantinya mendukung upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan secara otomatis juga berimbas positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Kholiq.

Momentum HUT Ke-70 Kemerdekaan RI, menurut dia, sangat tepat untuk semua pihak menyelaraskan langkah, terutama dalam mendukung suksesi kepemimpinan daerah secara damai, yang akan berlangsung dalam Pilkada 9 Desember 2015.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024