Bupati Magelang Zaenal Arifin di Magelang, Senin, meminta aparat desa setempat tidak menjadikan ajang tersebut sekadar untuk meraih kejuaraan.

Ketep di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dikenal luas karena bukitnya dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata dengan menawarkan panorama alam Gunung Merapi dan Merbabu berudara sejuk, serta hamparan pertanian sayuran yang dibudidayakan masyarakat setempat.

"Perlombaan ini hendaknya jangan hanya dipandang sebagai ajang untuk mendapatkan kejuaraan," katanya.

Ia menjelaskan lomba desa menjadi kesempatan yang baik bagi aparat untuk mendapatkan pembinaan dalam pengelolaan pemerintahan tingkat desa sehingga pada jangka panjang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Yang lebih bermanfaat adalan untuk pembinaan sehingga dalam jangka panjang untuk memajukan dan menyejahterakan masyarakat," katanya.

Ia mengemukakan pentingnya aparat desa dan masyarakat setempat melalui lomba tersebut mengevaluasi kemandirian desa sesuai dengan indikator pembangunan, yang di antaranya aspek pendidikan, kesehatan, dan ekonomi masyarakat.

Selain itu, katanya, mengevaluasi tentang pembangunan sistem keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dan kelembagaan masyarakat.


Pewarta : M Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024