Warga Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Riyadi, di Magelang, Rabu, mengatakan mendengar suara gemuruh disertai kilat sekitar satu jam, mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Ia mengatakan suara tersebut membuat sebagian warga Banyusidi yang berjarak sekitar 15 kilometer dari puncak Merbabu itu terkejut hingga ke luar dari rumahnya masing-masing.

"Kami khawatir suara gemuruh itu terjadi karena aktivitas vulkanik Gunung Merbabu meningkat. Suara gemuruh tersebut terdengar dari sisi utara Gunung Merbabu. Lalu kilat menyambar dengan cahaya terang juga terlihat," katanya.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Wisnu Wibowo mengatakan hingga sekarang tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Merbabu.

Ia mengatakan suara gemuruh dan kilat tersebut kemungkinan sebagai fenomena alam memasuki pergantian musim, dari musim hujan ke musim kemarau.

"Hingga sekarang Gunung Merbabu masih berstatus aktif normal. Gunung ini mengalami erupsi terakhir pada tahun 1600," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : hernawan
Copyright © ANTARA 2024