"Harapan kami target tersebut dapat terpenuhi mengingat pada pameran serupa yang dilaksanakan di Solo ternyata menarik banyak pengunjung," ujar Ketua Apkomindo Jateng Edi Joko Kiswanto di Semarang, Selasa.

Dari total target yang sama, realisasi transaksi pameran Apkomindo di Solo mampu mencapai 90 persen sehingga diprediksi minimal hasil yang sama juga akan diperoleh dari pameran di Semarang.

"Kami optimistis karena pangsa pasar Semarang sangat luas, tidak hanya mahasiswa tetapi juga pelaku bisnis dan karyawan muda," ujarnya.

Sejauh ini untuk produk yang paling banyak diminati yaitu notebook dengan didominasi dengan kisaran harga Rp3 hingga Rp4 juta, produk lain yang juga diminati yaitu asesoris notebook atau personal computer (PC).

Pada pameran kali ini ada beberapa merek yang sengaja memberikan potongan harga, menurut Edi upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah pembeli.

"Salah satu merek yang memberikan potongan harga yaitu notebook Lenovo yang harga normalnya Rp3,1 juta, khusus pada pameran kali ini hanya dijual Rp2,750 juta," katanya.

Menurutnya masih banyak lagi promo menarik yang bisa dinikmati pengunjung secara langsung, di antaranya hadiah langsung berupa powerbank, flashdisk, dan headset.

"Setiap vendor yang mengikuti memiliki promo masing-masing, sebelumnya kami sudah mengimbau kepada para vendor agar menyediakan promo menarik karena dengan begitu dapat meningkatkan transaksi," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Edi mengatakan untuk pameran kali ini tidak ada produk baru dari masing-masing merek yang mengikuti pameran di antaranya Samsung, Lenovo, Asus, dan HP.

"Untuk produk baru ini biasanya diluncurkan di bulan Januari atau bertepatan dengan tahun baru, meski demikian kami optimis target awal transaksi akan dapat terpenuhi," ujarnya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024