Ini merupakan suatu jasa layanan pengembangan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan standar kualitas sekolah dan pendidik untuk membantu Indonesia menghadapi tantangan global.

Program Sekolah Binaan Alfamart Alfamidi merupakan upaya untuk membantu sekolah-sekolah yang harus meningkatkan kualitasnya sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan dapat berkompetensi. “Program yang akan diinisiasi SAT bersama dengan PSF-SDO adalah Pembinaan 3 SD yang berada wilayah Tangerang, ini merupakan pilot project dari Program Sekolah Binaan Alfamart Alfamidi. Tujuan utamanya adalah peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dari yang kurang baik menjadi setara dengan sekolah-sekolah unggulan. Selain itu akan ada juga pelatihan untuk peningkatan kualitas para guru di beberapa kota,” jelas Solihin, Corporate Affairs Director SAT.

Pada periode 16 – 31 Juli 2014 Pelanggan Alfamart dan Alfamidi dapat berpartisipasi dengan mendonasikan uang kembalian atau Donasi Bebas melalui kasir di seluruh toko. Sebagai buktinya, nilai donasi akan tercetak pada struk belanja. Hasil dari dana tersebut akan digunakan untuk menjalankan Pelatihan peningkatan kualitas guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Indonesia.

Menurut Solihin, segala upaya peningkatan kualitas pendidikan harus dimulai dari meningkatkan kualitas para guru. Program ini akan melatih guru untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam mengajar dan pengelolaan kelas. “Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini para guru dapat mengaplikasikan metode yang dipelajari ke dalam kurikulum yang digunakan, sehingga pelaksanaan kurikulum dapat maksimal,” tambah Solihin.

Ari Kunwiddo, Director of Fund Raising Putera Sampoerna Foundation menjelaskan program Sekolah Binaan Alfamart Alfamidi merupakan bagian dari Gerakan Indonesia Berkibar, sebuah gerakan pendidikan nasional yang mengajak peran serta korporasi baik swasta maupun BUMN, media, dan komunitas untuk berkontribusi membangun kualitas pendidikan di Indonesia. “Kami bersama-sama mencanangkan inisiatif program yang berfokus pada Percepatan Pembangunan Melalui Pendidikan dan SAT merupakan salah satu mitra kami dalam mewujudkan misi ini,” ungkap Ari Kunwidodo.

Diharapkan setelah para guru mengikuti pelatihan akan dilakukan pendampingan di masing-masing sekolah untuk memantau aplikasi materi yang diperoleh. “Pelatihan ini akan diikuti oleh seluruh guru pada masing-masing sekolah untuk menjaga agar tujuan utama yakni pengoptimalan kurikulum dapat dilakukan,” tutup Ari Kunwidodo. (ksm)


Pewarta : -
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024