"Alamnya begitu indah dan wilayah sangat luas, empat kali lipat dari Kabupaten Semarang," ujar Mundjirin, saat berkunjung ke kabupaten ini, Minggu.

Bupati Semarang menyampaikan kunjungan ke Simalungun untuk berbagi pengalaman dalam mengelola wilayah yang lebih luas dengan geografi yang sama dengan daerah yang dipimpinnya.

Mundjirin juga salut dengan terobosan yang dilakukan Pemkab Simalungun khususnya untuk program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan bagi PNS dan tenaga honorer.

"Mudah-mudahan melalui pertemuan kita ini, hubungan tali silahturahmi antara Pemkab Semarang dan Simalungun semakin erat," ujar Mundjirin.

Bupati Simalungun Jopinus Ramli Saragih menjelaskan penduduk Simalungun terdiri dari berbagai suku dan agama serta aliran kepercayaan.

"Meskipun kami berbeda-beda agama maupun etnis, namun kerukunan umat beragama di Kabupaten Simalungun tetap terjaga dengan baik, karena kami diikat oleh budaya," kata Jopinus Ramli.

Di kabupaten ini terdapat objek wisata seperti Danau Toba dengan keindahan alamnya, wisata agro, tempat bersejarah dan wisata air panas di Tinggi Raja Kecamatan Silou Kahean, papar Jopinus.

Bupati Simalungun mengatakan sektor pariwisata sangat membantu peningkatan PAD dan setiap tahun terus meningkat mencapai Rp100 miliar.

(Waristo)

Pewarta : Antaranews
Editor : Zaenal A.
Copyright © ANTARA 2024