Rute penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta bertambah

id YIA,bandara INternasional Yogyakarta,bandara kulon progo,Angkasa pura i

Awak pesawat AirAsia dari Bandara Internasional Lombok (LOP) saat mendarat perdana di Bandara YIA mendapat sambutan pengalungan bunga dari pejabat PT Angkasa Pura I. (Dokumentasi PT Angkasa Pura I)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) menambah rute penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Kulon Progo, DIY, yakni dari dan menuju Bandara Internasional Lombok (LOP) dengan maskapai AirAsia.

Penerbangan perdana rute dari Lombok tiba di YIA pada Kamis (1/8/2019) pukul 08.35 WIB dengan membawa 116 penumpang yang diangkut pesawat Airbus A320 nomor penerbangan QZ650.

"Kami menyambut baik peluncuran rute AirAsia yang menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta dan Bandara Internasional Lombok. Sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia bahkan dunia, Lombok menyajikan beragam keindahan pantai, kuliner yang menggugah selera, serta lokasinya yang sangat dekat dengan Bali," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selain seremoni water salute saat pesawat mendarat, dilakukan pula penyerahan bunga secara simbolis kepada 10 orang penumpang pertama yang turun dari pesawat.

Dikatakan Devy, kehadiran penerbangan yang menghubungkan Yogyakarta dan Lombok ini tentunya akan semakin meningkatkan konektivitas serta kunjungan wisatawan domestik dan internasional. Mengingat keduanya merupakan dua destinasi unggulan yang juga menjadi kontributor kedatangan turis mancanegara ke Indonesia.

Pesawat membawa 136 penumpang dan tiba di Bandara Internasional Lombok pukul 11.25 Wita.

"Dibukanya penerbangan LOP-YIA-LOP telah terbuka konektivitas dua destinasi wisata unggulan Indonesia. Diharapkan peluang untuk mendatangkan wisatawan mancanegara menuju DIY dan sekitarnya akan semakin besar, sehingga semakin mendukung pertumbuhan pariwisata nasional,” harap Devy.

Saat ini Bandara Internasional Lombok melayani penerbangan ke 12 destinasi, dengan tiga di antaranya merupakan destinasi internasional menuju Singapura, Kuala Lumpur, dan Perth.

"Saya pernah lihat di Youtube, katanya bandaranya keren. Banyak desain interior yang khas Jogja. Tadi saya rasakan juga pendaratannya lebih halus dibandingkan dengan bandara lainnya,” kata Muzammir, salah satu penumpang asal Lombok Barat.

Dia bersama rekan-rekannya dari Lombok untuk berwisata di Yogyakarta sengaja memilih penerbangan melalui YIA karena penasaran dengan bandara baru tersebut.

Penumpang lain Dewi Agustini mengatakan, ini adalah pengalaman pertamanya mendarat di Yogyakarta.

“Saya domisili Lombok dan baru pertama kali ke Yogja. Tujuan ke Yogja untuk berwisata dengan keluarga. Pendaratan aman dan nyaman,” ungkap Dewi.

"Penerbangan kali ini sangat luar biasa. Kami ucapkan terima kasih, sehingga AirAsia bisa mendarat di YIA. Cuaca juga bagus dengan jarak pandang enam kilometer. Alhamdulillah hari ini kami mendarat tepat waktu,” ujar pilot AirAsia Dodi Oktavia.

Setelah kegiatan seremonial penyambutan tamu perdana dari Lombok tersebut, pesawat AirAsia kembali menuju LOP dan berangkat pada pukul 09.00 WIB dengan nomor penerbangan QZ651.

Baca juga: Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta capai 70 persen
Baca juga: AirAsia mendarat perdana di Bandara Internasional Yogyakarta
Baca juga: Rute pesawat dari dan ke Bandara Internasional Yogyakarta makin banyak

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar