Dinsos DKI : Banyak pengungsi punya tempat tinggal di luar penampungan

id Dinas Sosial DKI Jakarta,Pencari suaka Kalideres

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah (kedua kanan), ketika meninjau lokasi pengungsian pencari suaka di Kalideres, Jakarta, Kamis (1/8/2019). (ANTARA/Yogi Rachman)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, mengatakan banyak ditemukan para pencari suaka yang ternyata memiliki tempat tinggal di luar penampungan sementara yang berada di bekas lahan Kodim, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kita lagi lakukan pendataan karena penting mengetahui mana dari mereka yang sebetulnya sudah punya tempat tinggal di luar," kata Irmansyah saat ditemui di lokasi penampungan pengungsi, Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan bahwa jumlah pencari suaka di lokasi penampungan pada siang hari bisa berbeda jika dibandingkan dengan pada malam hari.

"Kalau mengecek dari data yang ada kecenderungannya pengungsi siang hari lebih banyak daripada malam hari karena mereka sebagian ada yang pulang," kata Irmansyah.

Untuk itu, pihaknya bersama Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Jakarta secara berkala rutin melakukan pendataan para pencari suaka di lokasi penampungan sementara di Kalideres.

Apabila ada pencari suaka yang kedapatan memiliki tempat tinggal di luar penampungan, maka ia tidak lagi berhak berada di lokasi penampungan.

"Kalau sudah punya tempat di luar maka mereka sebaiknya tidak berada di sini, karena yang berada di sini adalah mereka yang butuh sekali bantuan," ujar dia.

Pewarta : Yogi Rachman
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar