Mantan presiden Afsel hadapi penyelidikan korupsi

id Jacob Zuma,ANC,Afrika Selatan

Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma menari setelah persidangan dirinya di Pietermaritzburg, Afrika Selatan, Jumat (27/7/2018). (REUTERS/Rogan Ward)

Johannesburg (ANTARA) - Mantan Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (usia 77 tahun) pada Senin akan diinterogasi dalam kasus korupsi negara. 

Kasus itu menjadi keruntuhan dramatis seorang politikus yang membayangi politik negara tersebut selama 10 tahun terakhir.

Zuma, yang digulingkan oleh Kongres Nasional Afrika (ANC) pada Februari 2018, akan diinterogasi untuk menanggapi sejumlah tuduhan bahwa ia membiarkan kroni-kroninya menjarah sumber daya negara dan memengaruhi penunjukan para pejabat tinggi pemerintah selama sembilan tahun ia berkuasa.

Zuma selama ini membantah melakukan kesalahan, dengan mengatakan tuduhan terhadapnya itu bermuatan politik. Pengacaranya mengatakan dalam sepucuk surat pada Juni lalu bahwa Zuma yakin tuduhan tersebut adalah hanya prasangka terhadap dirinya.

Zuma diperkirakan akan memberikan kesaksian mulai Senin hingga Jumat. Peristiwa itu akan disiarkan langsung oleh stasiun TV Afrika Selatan kepada jutaan penonton.

Pemeriksaan terhadap Zuma merupakan kejadian langka terkait pemimpin Afrika yang dimintai keterangan tak lama setelah turun dari kursi kekuasaan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mundur di tengah tekanan

Baca juga: Presiden Afrika Selatan bantah rencana perbaiki rumah pribadi Zuma

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar