Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 3.500 peserta dari 65 kontingen mengikuti acara Jakarnaval 2019 yang digelar dalam rangka merayakan Ulang Tahun Ke-492 Jakarta di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Minggu.

"Kita menyelenggarakan ini untuk mengajak seluruh warga ikut merasakan perayaan ulang tahun Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan usai menyaksikan acara Jakarnaval 2019.

Baca juga: Parade Jakarnaval 2019 Digelar Promosikan "Wajah Baru" ibu kota

Menurut dia, kegiatan ini adalah kesempatan bagi jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk tampil sekaligus dengan mengundang kelompok-kelompok kegiatan seni budaya untuk menunjukkan hasil kerja, hasil latihan yang ada selama ini.

Lebih dari 3.500 peserta yang mengikuti acara Jakarnaval merupakan kesempatan untuk bukan hanya ekspresi seni budaya, tetapi juga merupakan kegiatan yang menggerakkan perekonomian, utamanya ekonomi sektor informal, mikro dan kecil.

Baca juga: Anies : Jakarnaval membantu gerakan perekonomian Jakarta

Ia mengatakan begitu banyak warga Jakarta yang hadir di sekitar Merdeka Selatan dan Thamrin, dan ribuan dari mereka bersamaan dengan begitu banyak juga orang yang berdagang, berjualan, yang semuanya merasakan manfaat dari kegiatan ini.

"Kita sedang dalam proses persiapan untuk menyelenggarakan karnaval lebih sering lagi, Insya Allah di pertengahan bulan Juli kita akan membuat deretan 'event-event' yang akan diselenggarakan," kata Anies.

Ia mengatakan selama satu tahun ini salah satu yang sangat efektif dalam menggerakkan perekonomian adalah sektor pariwisata.

"Jadi kita menyadari bahwa kondisi perekonomian Indonesia hari ini bukan kondisi yang paling cepat pertumbuhannya, salah satu sektor dari dua sektor yang sangat efektif dalam menggerakkan adalah sektor pariwisata dan sektor ekonomi kreatif," kata Anies.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019