Polres Kudus tingkatkan pengamanan wilayah

id polres kudus, tingkatkan, pengamanan wilayah

Kapolres Kudus AKBP Saptono. (Foto: Akhmad Nazaruddin Lathif)

Kudus (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, mulai meningkatkan pengamanan dengan melakukan patroli di wilayah hukumnya guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kriminalitas menjelang Lebaran 2019.

"Pengamanan selama ini memang menjadi tugasnya kepolisian. Akan tetapi, untuk antisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan tindak kriminalitas menjelang Lebaran 2019, perlu peningkatan pengamanan," kata Kapolres Kudus AKBP Saptono di Kudus, Rabu.

Patroli keliling, kata dia, juga akan ditingkatkan dengan melibatkan jajaran kepolisian di tingkat kepolisian sektor.

Pos pengamanan, lanjut dia, tidak hanya sekadar untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas selama mudik Lebaran, tetapi juga tim patroli untuk pengamanan wilayah.

Ia mengingatkan masyarakat juga harus menjaga keamanan tempat tinggalnya, terutama bagi warga yang hendak mudik Lebaran memastikan bahwa rumahnya terkunci dengan aman.

"Jangan lupa memastikan situasi di rumah juga aman, terutama terkait dengan kelistrikan dan kompor gas juga dipastikan aman ketika ditinggal mudik," ujarnya.

Untuk permukiman di perumahan, dia berharap satuan pengamanan (satpam) juga mendata warganya yang mudik sehingga bisa memantau secara khusus.

Hal itu semua guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kriminalitas saat mudik Lebaran.

"Dengan demikian, dari sisi keamanan tetap terjaga. Pemudik aman, polisi juga aman," tandasnya.

Sebelumnya, untuk melancarkan arus mudik di Kabupaten Kudus, Polres Kudus memperketat keamanan di sekitar jalur mudik dengan menyiapkan lima pos pengaman.

Kelima pos pengamanan tersebut, yakni di Alun-Alun Kudus, ADA Swalayan, Matahari Kudus, Perempatan Kerawang, dan Terminal Jati Kudus.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar