Perusahaan gugat pemerintah terkait penyitaan kayu eboni

id Kayu,Ebony,Klhk,Bakamla

Sidang gugatan praperadilan UD Mardiana, pemilik dua kontainer kayu Eboni yang disita terhadap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019). (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pemilik dua kontainer kayu eboni yang disita mengajukan gugatan praperadilan terhadap pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Kuasa hukum UD Mardiana selaku penggugat, Frans Lading mengatakan, sidang praperadilan dijadwalkan berlangsung Jumat, namun ditunda lantaran termohon, Direktorat Jenderal Penegakan Hukum KLHK tidak hadir di persidangan.

"Kami meminta kepada hakim yang memeriksa untuk diberikan peringatan kepada termohon untuk hadir di agenda sidang selanjutnya pada tanggal 23 April 2019," ujar Frans.

Frans menduga ketidakhadiran termohon lantaran belum mempersiapkan alat bukti yang bakal dihadirkan di persidangan.

"Langkah hukum praperadilan terpaksa kami lakukan karena menurut kami, penyidik Gakkum KLHK dalam hal ini sebagai termohon melakukan sesuatu yang keluar dari koridor hukum," katanya.

Tim gabungan Bakamla-KLHK berhasil mengamankan kapal berisi kayu eboni ilegal yang diduga akan diekspor ke luar negeri.

Upaya pengiriman kayu eboni ilegal berhasil dideteksi oleh jajaran Kapal Patroli Bakamla RI yang sedang melaksanakan tugas patroli keamanan laut di wilayah Laut Jawa pada Selasa (5/3) sekitar pukul 13:00 WIB.

Kasubbag Humas Bakamla, Letkol Mardiono mengatakan, informasi tersebut berasal dari warga yang mengaku melihat banyak penebangan kayu eboni tanpa izin.

"Penebangan kayu tersebut alas haknya merupakan kawasan hutan negara di wilayah Sulawesi Tengah. Menurut keterangan masyarakat, kayu eboni tersebut biasanya dikirim ke Surabaya menggunakan kapal kargo domestik selanjutnya akan diekspor ke luar negeri," kata Mardiono, Kamis (21/3).

Baca juga: Polres Donggala Gagalkan Penyelundupan Kayu Ebony

Baca juga: Polisi Kembali Gagalkan Penyelundupan Ebony ke Malaysia

Baca juga: BC Gagalkan Ekspor Ilegal 10 Kontainet Ebony

Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar