Masyarakat diminta cerdas pilih presiden komit lestarikan lingkungan

id pemprov,pemerintah aceh,banda aceh,pemilu,2019,presiden,wapres,caleg,17 april,aktivis lingkungan

Arsip. Surat suara Pemilu 2019 (Rivan Awal Lingga/ama)

Banda Aceh (ANTARA) - Aktivis Lingkungan Aceh T M Zulfikar meminta masyarakat di provinsi setempat cerdas untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang berkomitmen untuk melestarikan lingkungan pada Pemilu 2019.

"Pilihlah Capres dan para calon anggota legislatif yang berkualitas dan tidak terlibat pada tindakan perusakan lingkungan serta peduli dan ikut serta pada berbagai upaya pelestarian lingkungan hidup," kata TM Zulfikar di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan saat ini kondisi ruang dan lingkungan hidup di Aceh masih belum bisa dikatakan cukup baik karena masih ada kerusakan dan pencemaran lingkungan termasuk jumlah sengketa dan kasus-kasus lingkungan hidup.

"Kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup mengakibatkan bencana alam setiap tahunnya seperti banjir bandang, tanah longsor, kekeringan, angin puting-beliung, dan juga konflik antara satwa liar dengan manusia," katanya

Menurut dia di tengah ancaman percepatan perubahan iklim dan krisis ekologis tersebut, maka Indonesia membutuhkan sosok pemimpin bukan hanya sosok Presiden, namun juga anggota legislatif yang memiliki visi dan misi untuk menciptakan perbaikan lingkungan.

"Kita akan melaksanakan pemilihan umum Presiden/Wakil Presiden dan anggota legislatif maka yang akan kita pilih untuk duduk atau menjadi Presiden dan anggota dewan di setiap tingkatan sudah seharusnya mereka-mereka yang memiliki visi dan komitmen yang jelas terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup," katanya.

Mantan Direktur Eksekutif WALHI Aceh itu berharap Pemilu 2019 menjadi momentum untuk menumbuhkan kesadaran publik untuk memilih pemimpin yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan pada 17 April 2019.

TM Zulfikar juga berpesan wakil rakyat dan pemimpin dapat memberikan contoh untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan tidak melakukan tindakan yang menghalalkan segala cara untuk memenangi pertarungan politik pada Pemilu 2019.

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar