Situasi di sini jalannya sempit, jadi banyak pelajar menggunakan kendaraan bermotor karena minim transportasi. Jadi kami membuat inovasi bus sekolah untuk mengantar mereka ke sekolah
Tanah Datar, Sumbar (Antara) - Bus polisi untuk mengantar siswa ke sekolah di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, dapat menekan kecelakaan lalu lintas oleh pelajar di bawah usia hingga nihil pada 2018, kata pejabat kepolisian setempat.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, di Mapolres Tanah Datar, Sabtu (2/2), mengatakan terdapat tiga kendaraan milik Polres Tanah Datar yang digunakan sebagai bus sekolah berupa satu bus dan dua truk.

"Situasi di sini jalannya sempit, jadi banyak pelajar menggunakan kendaraan bermotor karena minim transportasi. Jadi kami membuat inovasi bus sekolah untuk mengantar mereka ke sekolah," katanya.

Ia menjelaskan bus sekolah itu beroperasi setiap Senin sampai Sabtu pukul 06.30 hingga 07.30 WIB dengan melayani tiga rute, yakni Simpang Manunggal menuju Lapangan Gumarang, Sungai Tarab menuju Lapangan Gumarang dan Gurun menuju Lapangan Gumarang.

Setelah melalui komunikasi dengan organisasi angkutan darat, kata dia, rute-rute tersebut dipilih karena belum dilalui kendaraan umum.

Bus sekolah itu gratis dengan menggunakan anggaran patroli, sedangkan pengemudinya berasal dari petugas Satlantas Polres Tanah Datar serta kondekturnya dari Satuan Binmas Polres Tanah Datar.

"Saat menjemput, Satbinmas bisa mengadakan imbauan kamtibmas, sadar lalu lintas maupun mengingatkan bahaya narkoba," ucap Bayuaji.

Keberhasiln bus sekolah yang mulai dioperasikan pada 2017 itu menekan angka kecelakaan lalu lintas oleh pelajar terlihat dengan menurunnya jumlah kecelakaan dari 19 anak dan pelajar pada 2016 menjadi sebanyak tujuh pada 2017 dan menjadi 0 pada 2018.

Inovasi tersebut juga menjadi salah satu hal yang membuat Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas menerima penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada 2018.

Baca juga: Ribuan gelas kopi kawa daun siap pecahkan rekor MURI

Baca juga: Pemkab Tanah Datar-Sumbar imbau warga kurangi penggunaan wadah plastik

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019