Kami sangat bersyukur, di hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-73, kami baru bisa menikmati listrik sendiri,
Tahuna, Sulut, (ANTARA News) - Sejumlah rumah warga kurang mampu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mendapat pemasangan jaringan listrik gratis oleh PLN.

"Kami sangat bersyukur, di hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke-73, kami baru bisa menikmati listrik sendiri," kata Arfandi (25) warga nelayan di Kelurahan Tidore Tahuna Timur.

Pemasangan jaringan listrik ke rumah penduduk yang berpenghasilan rendah merupakan salah satu program PLN melalui BUMN Hadir untuk Negeri di Sangihe.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73 membawa sukacita bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sebab mereka bisa menikmati listrik sendiri yang dipasang secara gratis oleh PLN.

Hal senada disampaikan Ria (66) warga Kelurahan Soataloara 2 Kecamatan Tahuna, sehingga ia tidak perlu lagi menggunakan lampu minyak tanah setelah dipasang listrik secara gratis oleh PLN.

General Manager PLN Wilayah Sulutenggo, Edison Sipahutar mengatakan PLN akan terus mendukung berkembangnya perekonomian Sulawesi Utara termasuk Kabupaten Sangihe.

Saat ini, tambahnya daya kelistrikan di Area Tahuna sebesar 31,72 MW dengan beban puncak 15,09 MW. Ini menunjukan bahwa PLN siap melayani kebutuhan listrik masyarakat yang ada di kota Tahuna dan sekitarnya.

"Pelanggan listrik di Kepulauan Sangihe sampai saat ini tercatat sebanyak 76.304 yang siap dilayani oleh PLN Tahuna," ujar dia. Selain melayani kebutuhan listrik masyarakat yang ada di rumah, PLN juga melayani kebutuhan listrik untuk kegiatan bisnis.

"Di kota Tahuna terdapat sembilan pelanggang bisnis baru yang menggunakan listrik PLN," lanjutnya.

Sembilan pelanggang listrik baru tersebut adalah; ICS Salibabu, PT Adi Putra Indotama, Rumah Sakit Pratama, PT EIAP Wenus Seliang, PTEIAP Tomy Mogi, PT Gading Murni Perkasa, PT Anugerah Dinasty Sakti dan PPI Salibabu Dalun. 

Baca juga: Sinergi bersama 34 BUMN, Jasa Raharja mendukung program penyambungan Listrik Gratis

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2018