Mekkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah berada di Tanah Suci untuk memantau penyelenggaraan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia.

"Ndak, ndak ada urusan politik. Kami ke sini untuk beribadah dan melakukan fungsi-fungsi pengawasan," kata Fahri sebagaimana dikutip Media Center Haji di Mekkah, Rabu.

Dia menyebut pengawasan pelayanan haji tahun ini penting untuk melihat pengaruh kinerja Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) terhadap penyelenggaraan pelayanan haji.

BPKH tahun ini mengelola keuangan haji, sementara Kementerian Agama memimpin penyelenggaraan pelayanan haji dengan dukungan kementerian dan lembaga lainnya.

Fahri berharap keberadaan BPKH bisa meningkatkan kualitas pelayanan haji. Tolok ukurnya, kata dia, jamaah mendapat pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya, terutama dalam hal akomodasi, transportasi, dan katering.

Ia menyebut penyelenggaraan haji sebagai perkara rumit yang tidak bisa dikelola secara parsial. Penyelenggaraan pelayanan haji, ia melanjutkan, membutuhkan kemitraan selaras di antara kementerian dan lembaga negara terkait.

Baca juga:
Ketua DPR: pengawasan penyelenggaraan haji harus efektif
Komisi pengawas minta tenda di Mina diperluas

 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018