Target kami hari ini, turis ke Indonesia 10 juta orang dan 5 tahun lagi kita tingkatkan jadi 20 juta orang,"
Jakarta (ANTARA News) - Menko Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menyatakan, pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan manca negara sebanyak 20 juta orang pada 2020.

"Target kami hari ini, turis ke Indonesia 10 juta orang dan 5 tahun lagi kita tingkatkan jadi 20 juta orang," kata Rizal Ramli di Jakarta, Jumat.

Dengan peningkatan kunjungan wisman itu, maka akan memberikan "efek multiplayer" bagi pekerja langsung dan tak langsung di bidang pariwisata.

"Nah, kalau itu terjadi, yang bekerja di sektor pariwisata 3 juta orang (langsung) dan yang tidak langsung 3 kalinya, kami akan tingkatkan, yang bekerja langsung sekitar 7 juta (tahun 2015), yang tak langsung 21 juta orang. Karena kalau jumlah turis naik menjadi dua kali, 20 juta orang, maka bisnis penerbangan akan bagus, bus transportasi bagus. Yang paling penting adalah devisanya," kata dia.

Selain itu, Pemerintah juga akan memfokuskan masalah pariwisata di Indonesia supaya ada 5-7 daerah wisata.

"Karena wisata itu bisa menciptakan lapangan kerja banyak sekali, rata-rata investasinya 3 ribu dolar perorang. Industri otomotif, barangkali perlu 20-50 ribu US," katanya.

Rizal menambahkan, ada negara-negara yang hidup dari sektor pariwista seperti Yunani, Italia, Spanyol.

"Jadi kalau kita lakukan ini, maka devisa yang hanya 10 miliar dolar AS, nanti 5 tahun yang akan datang, kita akan dapat lebih dari 20 miliar AS," katanya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015