... Jokowi juga bukan tipe pemimpin yang ingin memanfaatkan kepentingannya dengan menyusahkan orang lain."
Demak (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah mengungkapkan, koalisi partainya dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih menunggu hasil konsolidasi internal partai politik berlambang Kabah itu

"Kami memang menjalin komunikasi politik dengan PPP. Akan tetapi, kami masih memberi kesempatan kepada parpol tersebut untuk melakukan konsolidasi internal," ujarnya di sela-sela mendampingi calon presiden PDIP Joko Widodo (Jokowi) di kediaman pengasuh Pondok Pesantren Girikesumo KH Munif Zuhri di Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu.

Ia menegaskan, tidak ingin dituduh atau dianggap sebagai parpol yang membuat parpol lain menjadi terganggu soliditasnya karena kepentingan PDIP.

"Kami bukan tipe parpol itu, dan Jokowi juga bukan tipe pemimpin yang ingin memanfaatkan kepentingannya dengan menyusahkan orang lain," ujarnya.

Secara definitif, ia mengemukakan, parpol yang resmi berkoalisi dengan PDIP baru Partai Nasionalis Demokrat (Nasdem), sedangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ini koalisinya hanya menunggu jabat tangan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dengan tiga partai tersebut, mudah-mudahan bisa mewakili representasi kekuatan Islam dan kekuatan nasionalis," ujarnya.

Kunjungan Jokowi, dikatakannya, tidak hanya ke kediaman KH Munif Zuhri yang juga Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah, melainkan pada Sabtu (3/5) juga berkunjung ke sejumlah tokoh di Yogyakarta dan Jawa Timur.

Bersama rombongannya, Jokowi pada Sabtu kemarin berkunjung ke rumah tokoh Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif, di Yogyakarta, kemudian ke tokoh PKB Khofifah Indar Parawansa di Surabaya dan pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) dilanjutkan ziarah ke makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang, Jawa Timur.

Jokowi bersama rombongannya hari ini juga berkunjung ke kediaman pengasuh Ponpes Al Anwar KH Maimun Zubair di Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. (*)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014